16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Gubsu Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak tokoh masyarakat di Sumut mulai dari tokoh agama, politik, adat dan tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Saat ini target kita sebanyak 70% dari jumlah penduduk di Sumut bisa mendapatkan vaksin. Jumlah penduduk Sumut kini sebanyak 15 juta lebih. Jadi, kita berharap vaksin ini tercapai pada 10 juta orang di Sumut secara bertahap,” kata Gubsu usai melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 pada tokoh masyarakat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jumat (5/3/21).

Saat ini, sambung Edy, vaksin yang ada di Sumut sudah 295 ribu dosis. Tahapan-tahapan sudah dilakukan mulai vaksinasi pada tenaga kesehatan. Selanjutnya pada lansia dan pekerja publik dan vaksin umum.

Baca Juga:Pedagang Diajak Sukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Medan

“Hari ini sebenarnya sudah masuk tahapan lansia. Tetapi sebelum lansia, saya minta untuk bertemu dulu dengan tokoh-tokoh adat, agama, tokoh pemuda, tokoh partai politik. Karena mereka ini sebagai corong untuk menyampaikan semuanya serta adanya kepercayaan masyarakat,” sebutnya.

Nah, selanjutnya ditegaskan Edy, tentunya ada pertanyaan-pertanyaan masyarakat terhadap vaksinasi. Terutama pada orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19. “Makanya ini yang harus disosialisasikan. Awalnya dulu tidak boleh divaksin bagi orang yang pernah tertular Covid-19. Namun setelah ada kajian bahwa setelah 3 bulan imun tubuhnya akan menurun, maka harus divaksin. Sedangkan bagi lansia jadwal hari ini hingga 9 hari ke depan,” terangnya.

Sehingga, lansia sudah diijinkan untuk mendapatkan vaksin. Terkait dana, orang nomor satu ini mengatakan dana bagi lansia untuk mendapatkan vaksin juga sudah diatur dengan regulasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Baca Juga:Personil Polres Batu Bara Mulai Vaksinasi Covid-19

“Sehingga 70 persen masyarakat Sumut tervaksinasi. Saat ini yang sudah divaksin 148 ribu dari 295 ribu dosis. Kita berharap bisa benar-benar tercapai,” imbuhnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Sumut Kolonel Azhar Mulyadi mengatakan sosialisasi vaksin pada tokoh masyarakat di Sumut diharapkan bisa menjadi jembatan pemerintah kepada masyarakat. Tujuannya agar vaksinasi yang telah dilakukan mampu menjadikan perbaikan-perbaikan seperti memperbaiki pertumbuhan ekonomi. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles