20 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Gambar Letjen Jamin Ginting Diusulkan Dicetak di Uang Rupiah

Medan, MISTAR.ID

Gambar Letjen Jamin Ginting diusulkan untuk dicetak di mata uang Rupiah. Sebab, Jalan Letjen Jamin Ginting Medan mendapatkan Rekor MURI sebagai nama pahlawan yang digunakan untuk jalan terpanjang di Indonesia, yakni sekitar 71,3 kilometer.

Anugerah ini diterima Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Laksamana Putra Siregar yang mewakili Wali Kota Medan di Wisma Benteng Medan, Rabu (14/6/23).

“Jasa-jasa Letjen Jamin Ginting sangat besar untuk Sumatera Utara. Tentunya anugerah ini membanggakan masyarakat Kota Medan. Patung Letjen Jamin Ginting juga sudah dibangun di titik nol Kota Medan tahun 2022 kemarin,” kata Laksamana.

Baca juga: Gubsu Apresiasi Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Raih Rekor MURI

Sementara itu, Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri menjelaskan, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan telah dibangun monumen seperti patung, nama jalur layang hingga museum.

“Banyak pahlawan yang dipakai menjadi nama jalan. Tapi tidak dalam satu ruas yang tidak terputus. Kami sudah verifikasi kepada Kementerian PUPR. Bahkan di dunia juga tidak ada sepanjang ini jalan yang menggunakan nama pahlawan,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Medan Robi Barus mengaku sangat mendukung bila gambar Letjen Jamin Ginting dicantumkan dalam mata uang Indonesia.

Baca juga: 306 Pahlawan Literasi Sumut Diberangkatkan ke Pelosok Desa

“Beliau (Letjen Jamin Ginting) merupakan salah satu putra terbaik Tanah Karo. Usulan tersebut sangat kita dukung, jasa beliau juga banyak untuk Indonesia, terutama Sumatera Utara (Sumut),” ucap Robi kepada mistar, Rabu (14/6/23).

Dengan adanya usulan tersebut, Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan ini mendesak Pemerintah Pusat untuk segera mengesahkan rencana dicantumkannya gambar Letjen Jamin Ginting tersebut.

“Kita akan terus mendorong Pemko Medan untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam merealisasikan rencana ini. Ini merupakan penghargaan dan apresiasi terhadap beliau yang merupakan Pahlawan Nasional,” tutupnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles