18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

Edukasi Cegah Kanker, Kahiyang Ayu: Berikan Informasi Lengkap ke Masyarakat

Medan, MISTAR.ID

Para Kepala Puskesmas (Kapus) diharapkan memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada masyarakat, saat memberikan edukasi soal pencegahan kanker.

Pesan itu disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Medan, Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution dalam seminar awam kanker dan pencegahannya di Kota Medan di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo, pada Jumat (6/10/23).

“TP PKK Kecamatan dan Kelurahan juga diharapkan agar selalu memberikan edukasi kepada masyarakat. Terutama kaum ibu untuk dapat mendeteksi kanker sendiri, seperti kanker payudara,” katanya.

Baca juga: Hati-hati, Kanker Payudara Mulai Menyasar Anak Muda

Melalui seminar ini, putri Presiden Joko Widodo itu berharap, masyarakat dapat mengetahui dan mendeteksi gejala kanker secara dini, sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati sejak awal.

“Seperti yang kita ketahui, kanker dapat menyerang siapa saja dan tidak memandang umur. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak terkena kanker. Apalagi kanker ini banyak jenisnya. Maka dari itu, kita harus mengetahui dan mengedukasi masyarakat dalam mencegahnya,” ucapnya.

Sementara itu, Iman Surya selaku Ketua Panitia menyampaikan, tujuan diselenggarakannya seminar ini untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang penyakit kanker. Dan mengetahui gejala sejak awal sehingga masyarakat tersebut dapat melakukan pengobatan secara dini.

Baca juga: Jangan Sepele dengan Nyeri Pinggang, Bisa Jadi Tanda Kanker Ginjal

“Seminar ini diikuti sebanyak 230 orang peserta terdiri dari PKK Kota Medan,  KK Kecamatan dan Kelurahan, para Kapus, serta pengurus YKI Cabang,” papar Iman. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles