10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Eceng Gondok – KJA di Danau Toba, Pj Gubernur Sumut: Perhatikan Setiap Detail

Medan, MISTAR.ID

Kepada panitia daerah, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyampaikan untuk memperhatikan setiap detail persiapan jelang perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba. Event berskala internasional itu bakal dihadiri 100 ribu penonton.

“Perhatikan setiap detail persiapan kita, memang sampai saat ini kendala yang kita hadapi bukan hal yang krusial, namun kita tidak ingin event internasional ini ada kendala saat berlangsung nanti, apalagi diprediksikan akan ada 100 ribu penonton ditambah pembalap beserta ofisialnya,” ujar Hassanudin, Sabtu (11/11/23).

Ia mengingatkan, agar event berskala internasional ini berdampak besar pada Sumut. Melihat organisasi, persiapan dan tenaga yang dikerahkan besar, hasil yang didapat juga diharapkan sebanding.

“Besarnya organisasi harus sebanding dengan hasil yang kita capai, ada multiplier effect karena untuk pagelaran ini ada panitia pusat dan panitia daerah, selain sukses ajangnya kita juga harus sukses secara administrasi,” sebutnya.

Baca Juga : Pengamanan Aquabike Jetski Toba 2023, Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut Rembuk

Panitia daerah secara garis besar telah mempersiapkan event internasional tersebut, bekerja sama dengan event organizer In Journey. Beberapa tantangan yang dihadapi seperti pembersihan eceng gondok, beberapa Keramba Jaring Apung (KJA) atau keramba udang.

Mantan Pangdam I/BB itu berharap, masyarakat ikut menyukseskan Aquabike Jetski World Championship. Karenanya, bila event itu sukses akan memberikan dampak ekonomi yang luas.

“Ayo sama-sama kita sukseskan event ini, Sumut kita akan semakin mendunia dan Danau Toba semakin dikenal, imbasnya akan kembali ke masyarakat bila semakin banyak pengunjung yang datang ke Danau Toba,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, kejuaraan Jetski dunia itu berlangsung pada Kamis-Minggu, 23-26 November 2023 mendatang. kejuaraan Jetski akan diikuti 128 pembalap dari 22 negara.

Baca Juga : Ini Langkah Pemprov Sumut Sukseskan Kejuaraan Dunia Jetski di Danau Toba

Selain itu, akan ada 10 pembalap lokal yang akan meramaikan perhelatan Jetski dunia itu. Kejuaraan tersebut akan diadakan di empat kabupaten sekawasan Danau Toba, yaitu Kabupaten Karo, Dairi, Samosir hingga Toba.

Hassanudin memastikan akan memberdayakan masyarakat lokal untuk menyukseskan penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 di Danau Toba. Fokus sasaran Pemprov Sumut, yakni azas manfaat bagi masyarakat tuan rumah penyelenggara. (jonatan/hm24)

Related Articles

Latest Articles