15.9 C
New York
Saturday, April 13, 2024

Drama Tari Manuk Sihulabu Turun Meriahkan HUT Kota Pematangsiantar ke-153 Tahun

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sanggar Budaya Rayantara mempersiapkan sebuah Drama Tari Manuk Sihulabu yang akan menjadi salah satu kesenian yang bakal ditampilkan dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-153 kota pematangsiantar pada 24 April 2024 di Tugu Becak, Kota Pematangsiantar.

Para peserta Drama Tari Manuk Sihulabu terdiri dari komunitas seni, anak-anak, remaja dan dewasa. Dari pantauan Mistar.id, suasana latihan yang dilaksanakan Minggu (3/3/24) di tugu becak, Kota Pematangsiantar, terlihat meriah.

Pimpinan Sanggar Budaya Rayantara, Sultan Saragih mengatakan pihaknya banyak mempunyai agenda seperti saat ini, lagi mempersiapkan drama tari untuk acara hari ulang tahun kota Pematangsiantar.

Baca juga : Perayaan HUT Kota Pematangsiantar Belum Jelas, Ini Kata Dinas Pariwisata

“Kita akan mengangkat sebuah legenda Kerajaan Siantar Opung Partiga-tiga Sihapunjung dia lebih dikenal dengan cerita rakyat Manuk Sihulabu ayam jago yang berwarna kelabu,” ujarnya kepada Mistar.id, Minggu (3/3/24).

Dia menceritakan kisah opung ini yang dahulu berkelana dari Sipolha sampai ke Pulau Holang pematang ini. Rakyatnya tidak bisa sejahtera tapi karena kecerdasan opung partiga-tiga sihapunjung ini bisa dikelola kembali sawah ladangnya menjadi lebih berhasil panennya.

Related Articles

Latest Articles