13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

DPRD Medan Sarankan Puskesmas Mulai Gunakan Digitalisasi

Medan, MISTAR.ID

Untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, anggota dewan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan melakukan terobosan, baik pelayanan di rumah sakit maupun Puskesmas di Kota Medan. Hal itu dikatakan anggota Komisi II DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST kepada wartawan, Minggu (13/2/22).

“Sudah saatnya seluruh Puskesmas menggunakan digitalisasi. Hal itu untuk mempermudah pasien mendapat pelayanan kesehatan yang prima,” kata Haris. Dikatakan Haris, dengan menggunakan sistem digitalisasi, pasien akan lebih mudah mendapat pelayanan kesehatan. Begitu juga untuk konsultasi dengan dokter terkait suatu penyakit dapat dilakukan melalui daring. “Tentu tidak begitu sulit, karena hampir seluruh warga sudah memiliki hp android,” sebut Haris.

Untuk itu, kata Haris, dirinya pun mendorong Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan untuk terus membuat terobosan, termasuk memberikan pelatihan pada petugas kesehatan. “Berikan pelatihan pada perawat dan dokter, dan pastikan ramah terhadap masyarat. Kalau bisa di Puskesmas juga ada dokter spesialisnya sehingga pelayanan meningkat dan mendapat kepercayaan masyarakat,” ucap Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini.

Baca juga: Tingkatkan Digitalisasi, Pemko Medan dan Bank Mandiri Teken MoU

Selain itu, Haris juga meminta agar sarana dan fasilitas pendukung di Puskesmas harus dipersiapkan. “Puskesmas harus diberdayakan sebagai tempat pelayanan kesehatan terdekat di tengah masyarakat,” ungkapnya. Terkait rencana pengoperasian RS Medan Labuhan di wilayah Medan Utara, Haris menekankan agar rumah sakit milik Pemko Medan itu harus menunjukkan pelayanan prima dan tidak kalah saing dengan rumah sakit swasta.

“Kita berharap di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution, RS Medan Labuhan mampu memberikan pelayanan yang sangat prima bagi warga Medan, khususnya warga Medan Utara,” tandas Haris. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles