20.9 C
New York
Thursday, June 27, 2024

Dirut Bank Sumut Perkenalkan Eksotisme Danau Toba di BPD se-Indonesia

Medan, MISTAR.ID

Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut Babay Parid Wazdi memperkenalkan eksotisme objek wisata Danau Toba di pertemuan Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 yang dihadiri perwakilan BPD se-Indonesia.

Dalam perhelatan nasional itu, Bank Sumut memilih kota wisata Parapat, Danau Toba sebagai lokasi acara, pada 23-24 April 2024.

Babay mengatakan, selain memiliki banyak spot wisata alam dan budaya, Danau Toba juga memiliki wisata bersejarah di Parapat, yakni tempat pengasingan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Bung Karno (Soekarno) dan dua tokoh bangsa lainnya Sutan Sjahrir dan KH Agus Salim pada masa penjajahan.

Selain itu, dia mengatakan Danau Toba merupakan ikonik pariwisata Sumatera Utara. Danau terbesar di Indonesia tersebut semakin mendunia sejak masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG) karena keunikan geografi, biologis dan budayanya.

“Selain itu, ada pula jejak sejarah berupa bangunan heritage di tepian Danau Toba, yang kini dikenal sebagai Pesanggrahan Soekarno. Lalu, nilai eksotis pariwisata andalan Sumatera Utara itu menjadi alasan dipilihnya kota wisata Parapat di kawasan Danau Toba sebagai lokasi acara undian nasional tabungan Simpeda,” terang Babay dalam keterangan rilisnya yang diterima Mistar, Kamis (25/4/24).

Baca Juga : Bank Sumut Raih Bintang 5 Dalam Top BUMD Awards 2024

Sebelumnya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang hadir pada Welcoming Dinner itu menyampaikan terima kasih kepada Bank Sumut dan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) yang telah memilih kota wisata Parapat Kabupaten Simalungun sebagai tempat pelaksanaan acara, karena secara tidak langsung ikut membantu menggairahkan kegiatan ekonomi dan industri pariwisata Danau Toba.

Dijelaskannya, beberapa tahun terakhir ini telah dikembangkan spot-spot wisata terbaru dan hits di kawasan Danau Toba, termasuk di wilayah Simalungun, seperti Desa Wisata Warna-warni Tigahirit, Bukit Indah Simarjarunjung, hingga Pusat Konservasi Gajah Aek Nauli.

Dia menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bank Sumut karena telah berkontribusi besar bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Simalungun dan pemerintah kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara selaku pemegang saham Bank Sumut.

“Bank Sumut sebagai motor penggerak perkonomian daerah di Sumut, termasuk dalam mendorong pembangunan pariwisata, diaharapkan dapat menyumbangkan PAD yang lebih besar ke depannya,” jelas Radiapoh.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles