5.8 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19, Akhyar Mulai Beraktifitas

Medan, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mulai menjalani aktifitasnya kembali walau masih terbatas. Selasa (18/8/20), Akhyar terlihat membuat rekaman kata sambutan untuk kegiatan Keuskupan Agung Medan.

Setelah lebih dari dua pekan, Akhyar menjalani perawatan karena terpapar Covid-19, sejak hari ini, ia kembali bekerja. Akhyar terlihat di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman Medan.

Namun ia belum masuk kantor, kabarnya karena belum diperbolehkan dokter untuk banyak beraktivitas. Akhyar belum boleh menerima tamu umum, tetapi masih internal Pemko Medan yang juga terbatas.

Baca juga: Akhyar Muncul di Video, Mohon Doa Kesembuhannya dari Covid-19

Kabag Humas Pemko Medan, Arrahman Pane membenarkan Plt Wali Kota Medan sudah dinyatakan sembuh. Namun Plt belum masuk bekerja seperti biasa. “Belum, belum (masuk kantor),” kata Arrahman singkat kepada Mistar, Selasa (18/8/20).

Baca juga: Pulang dari Jakarta, Plt Wali Kota Medan Akhyar Dinyatakan Positif Covid-19

Sebelumnya Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil pemeriksaan swab. Bakal calon Wali Kota Medan itu diketahui menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Medan.

Dalam konferensi pers pada Rabu (5/8/20) Kepala Dinas Kesehatan Medan, Edwin Effendi, menjelaskan, Akhyar diduga terpapar virus corona usai pulang dari Jakarta pada Senin (3/8/202) sore. Saat itu Akhyar merasakan keluhan demam. Lalu Akhyar menjalani pemeriksaan swab dan pada Selasa (4/8/20) pagi dinyatakan positif.

“Kita maklum pak wali kan berkegiatan banyak dengan kapasitasnya sebagai Plt Wali Kota Medan. Sehingga banyak kemungkinan terpapar dari mana,” ujarnya.

Edwin mengatakan pihaknya juga telah memeriksa spesimen istri dan anak-anak Akhyar. Hasil tes swab keluarga Akhyar dinyatakan negatif virus corona.

Sebelumnya, kabar Akhyar terinfeksi virus corona sudah beredar luas sejak Selasa 4 Agustus 2020 malam. Namun saat itu sejumlah pejabat maupun tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Medan enggan menanggapi. Mereka bahkan membantah Akhyar positif virus corona.

Saat menjalani perawatan, diketahui Akhyar dua kali menginformasikan keadaannya. Pertama melalui video, ia menceritakan keadaannya yang mulai membaik. Kedua ia mengunggah foto di akun media sosial pribadinya. Dalam foto itu ia bersama tiga orang yang diperkirakan tenaga medis berpakaian lengkap APD sambil acungkan jempol. (Edrin/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles