3.2 C
New York
Friday, December 8, 2023

BI Siantar Ladeni Penukaran Uang Baru Rp75 Ribu Terhadap 150 Orang Per Hari

Siantar, MISTAR.ID

Guna mencegah penyebaran Covid-19, pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar hanya meladeni penukaran uang kertas baru pecahan Rp75 ribu, kepada 150 orang per hari.

Seperti disampaikan Kepala KPw BI Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat, ketika dikonfirmasi mengenai penukaran uang baru edisi khusus yang diterbitkan pada hari peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (RI).

“Untuk menjaga jarak di antara sesama warga yang menukarkan uang, BI Pematangsiantar meladeni penukaran uang baru Rp75 ribu kepada 150 orang setiap harinya,” tutur Edhi yang ditemui di Kantor BI Pematangsiantar Jalan Adam Malik. Selasa (18/8/20).

Saat ditanya sudah berapa orang yang sudah melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi pintar.bi.go.id, Edhi menyebutkan, angka sekitar 1.500 orang dan untuk waktu penukaran terhitung mulai saat ini, sudah penuh sampai dengan tanggal 3 SeptemberĀ  2020.

Baca Juga:Soal Uang Baru HUT ke 75 RI, Ini Penjelasan Menkeu

“Secara sistem di aplikasi, mulai tanggal sekarang hingga 10 hari ke depan sejak pemesanan, berarti sudah ada yang memesan sekitar 1.500 orang. Tadi saya tanya, sudah full sampai dengan tanggal 3 September 2020. Animo masyarakat sangat besar,” tuturnya.

Selanjutnya, ketika ditanya lokasi penukaran uang dapat dilakukan dimana saja, Edhi bilang sampaiĀ  dengan tanggal 30 September 2020, penukaran hanya di Kantor Bank Indonesia. “Nanti di bulan Oktober, kita sudah bekerja sama dengan 5 bank yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB, tapi pemesanannya tetap lewat online,” ungkapnya.

Dijatah 900 Ribu Lembar

Terkait tingginya animo masyarakat untuk memperoleh uang baru edisi khusus tersebut, Edhi mengimbau masyarakat Kota Pematangsiantar agar tidak perlu khwatir untuk mendapatkannya. “Masyarakat tidak perlu khwatir tidak kebagian, karena yang dicetak itu sebanyak 75 juta lembar. Jadi tidak perlu khwatir untuk mendapatkannya,” cecarnya.

Ketika ditanya mengenai berapa lembar jumlah uang baru itu dijatah kepada KPw BI Pematangsiantar, Edhi menyebutkan 900 ribu lembar. “Kita mendapat jatah 900 ribu lembar, itu makanya saya bilang tadi tidak perlu khwatir untuk mendapatkannya, karena jumlah penduduk Kota Pematangsiantar tidak sampai segitu,” ungkapnya.

Baca Juga:Jelang Natal Dan Tahun Baru, BI Siantar Sediakan Rp50,6 Miliar Uang Pecahan

Disinggung mengenai animo masyarakat lainnya yang berada di daerah wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar, misalnya seperti warga di daerah Labuhan Batu dan lainnya. Edhi tidak dapat memungkiri, namun menurutnya jumlah warga dari daerah lainnya tidak akan begitu banyak.

“Bisa saja memang ada, tapi berapa banyak sih yang mau datang kemari hanya untuk menukarkan uang Rp75 ribu,” ujarnya tersenyum. Pada kesempatan itu, Edhi menegaskan, bahwa perlu dicatat, setiap 1 KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar uang Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI dengan nominal Rp75 ribu tersebut.(ferry/hm10)

Related Articles

Latest Articles