19.9 C
New York
Monday, August 12, 2024

Dinamika Politik Lokal Meningkat: Polri dan TNI Siapkan Pengamanan

Medan, MISTAR.ID

Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik paling panas di Indonesia.

Munculnya dua nama besar yakni Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo, dan Edy Rahmayadi, Gubernur Sumut petahana maka pertarungan ini dipastikan akan menjadi sorotan nasional.

Dengan pertarungan kedua figur publik ini, banyak pihak mengatakan suhu politik di wilayah Sumatera Utara akan memanas.

Baca juga: Kapolda Lakukan Koordinasi untuk Keamanan Pilkada Sumut 

Menanggapi hal itu, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Whisnu Hermawan Februanto menyatakan kesiapan penuh dari aparat kepolisian dalam mengawal jalannya pemilu, dengan dukungan dari TNI dan masyarakat.

Lanjut Whisnu, untuk tahapan penetapan calon Gubernur Sumatera Utara nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 22 September mendatang. Untuk itu, ia juga memastikan bisa mengawal berjalannya pesta rakyat tersebut.

“Saya sampaikan, Polri sudah siap memberikan rasa aman terselenggaranya pemilu yang damai dan aman,” ujarnya di Medan, Senin (12/8/24).

Ditegaskan Irjen Whisnu, pihaknya telah membuat satu sistem pengamanan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan anggota dilapangan baik itu dari TNI dan Polri dan penyelenggara pemilu.

Baca juga: Polda Sumut Terjunkan 12.694 Personel Amankan Pilkada Serentak 2024

“Itu hal yang kita rencanakan, kita sudah melakukan pendalaman sebagaimana melakukan tindakan-tindakan kepolisian yang aman,” tutur Whisnu.

Perwira tinggi Polri itu juga meyakini dan percaya bahwa dukungan dan bantuan dari masyarakat, serta dari TNI dan pihak terkait akan membuat Pilkada Sumut bisa berjalan dengan aman.

Untuk diketahui sejauh ini, Bobby Nasution telah dikabarkan diusung oleh 8 partai politik.

Sementara untuk Edy Rahmayadi hanya diusung oleh beberapa partai politik saja, salah satunya Partai PDI Perjuangan. (matius/hm25)

Related Articles

Latest Articles