18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Diduga Cemari Lingkungan, Ombudsman Panggil KIM dan PT Global Solid Agrindo

Medan, MISTAR.ID

Ombudsman RI Perwakilan Sumut melayangkan surat undangan kepada Direktur Utama (Dirut) PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan Direktur PT Global Solid Agrindo untuk diminta klarifikasinya terkait dugaan pencemaran lingkungan yang mengancam kesehatan masyarakat.

“Ya, petang ini sudah kita layangkan surat undangan kepada para pihak,” jelas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, Kamis (5/10/23).

Selain kepada Dirut PT KIM dan Dirut PT Global Solid Agrindo, surat undangan bernomor B/0583/LM.17-02/2023/X/2023 tertanggal 5 Oktober 2023.

Baca juga : Kunjungi SD yang Sempat Viral di Paluta, Ombudsman Rekomendasikan Sekolah Baru

Selain itu juga ditujukan kepada Kepala Disperindag & ESDM Sumut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Medan dan para masyarakat sebagai pelapor.

Dalam surat undangan tersebut dijelaskan, para pihak diharapkan hadir pada Senin (9/10/23) pukul 9.00 Wib di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut Jalan Sei Besitang No 3 Medan.

Dalam surat undangan itu juga dijelaskan, undangan kepada para pihak itu berkaitan dengan laporan masyarakat Lorong Pahlawan, Jalan Mangaan V Lingkungan XIII Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, terkait dugaan pencemaran lingkungan berupa polusi udara, suara mesin produksi yang diduga melwati ambang batas dan aroma bau diduga dari pabrik.

Baca juga : PPDB, Ombudsman RI Perwakilan Sumut Ingatkan Kepsek untuk Tidak Pungli

Abyadi Siregar berharap agar para pihak hadir memenuhi undangan tersebut dalam rangka menyelamatkan masyarakat dari dampak lingkungan industri, seperti yang diduga ditimbulkan PT Global Solid Agrindo.

“Pencemaran ini harus segera dihentikan. Jangan sampai menunggu masyarakat jadi korban,” tandas Abyadi Siregar. (dinda/hm18)

Related Articles

Latest Articles