18.4 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Didatangi Dinkes Medan, RS Mitra Sejati: Pasien Meninggal karena Alergi Berlebihan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan mendatangi Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Sejati untuk meminta keterangan terkait dugaan malpraktik yang menyebabkan bayi berusia 2 tahun meninggal dunia.

Kapala Dinas Kesehatan Kota Medan, Taufik Ririansyah mengaku sudah memerintahkan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) dr Surya Syahputra Pulungan bersama Katim Pelayanan Rujuk Roida Sitinjak, dan timnya mendatangi RSU Mitra Sejati Medan, Rabu (3/7/24) pagi.

“Kami sudah menugaskan Kabid Yankes bersama dengan tim untuk menanyakan keterangan dan kronologi terkait permasalahan ini ke rumah sakit tersebut (Mitra Sejati),” ujarnya, Rabu (3/7/24) sore.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Yankes dr Surya Syahputra Pulungan mengakui, ia bersama timnya sudah mendatangi RSU Mitra Sejati. “Saya bersama dengan tim sudah datang ke sana tadi pagi pukul 09.00 WIB,” ucapnya via seluler.

Baca Juga : Polisi Dalami Dugaan Malpraktik di RS Mitra Sejati Medan

Surya mengatakan, berdasarkan keterangan manajemen rumah sakit, bayi itu meninggal dunia karena reaksi alergi yang berlebihan. “Intinya mereka menyampaikan bahwasannnya kesimpulannya itu, karena reaksi alergi yang berlebihan terkait obat biusnya,” katanya.

“Jadi menurut keterangan mereka menjalankan sesuai dengan SOP. Artinya mereka sudah edukasi sebelumnya,” sambungnya.

Surya menambahkan, jika sudah di jalur hukum, Dinkes tidak bisa mencampuri bagaimana kelanjutannya. “Kalau kita sih meminta keterangan terkait bagaimana proses tindakan medisnya ini. Kelanjutannya bagaimana, itu antara pihak keluarga dan pihak rumah sakit. Kalau sudah di jalur hukum, kita tidak bisa mencampuri,” pungkasnya.

Kasus dugaan malpraktik itu dilayangkan Rika Lidiawati, ibu dari korban. Laporan tersebut tertuang dalam laporan STTLP/B/848/VII 2024/SPKT POLDA SUMATRA UTARA tanggal 2 Juli 2024. (berry/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles