15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Calon KSB PAC PDIP Sumut Jalani Psikotes dan Uji Kepatutan

Medan, MISTAR.ID

DPD PDI Perjuangan Sumut melakukan psikotes dan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) Pengurus Anak Cabang (PAC) tingkat kecamatan khususnya untuk Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Deli Serdang, Senin (22/2/21).

Dalam arahannya, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut H Djarot Saiful Hidayat, kembali mengingatkan pesan Ketua Umum Hj Megawati Soekarnoputri, bahwa untuk menuju visi menjadi partai pelopor, seluruh kekuatan partai harus solid dan meingkatkan kualitas serta militansi kader.

“Oleh karenanya, psikotes terhadap calon KSB PAC Partai, ini yang merupakan terobosan dari DPD Sumut dan menjadi yang pertama di Indonesia, sebagai upaya untuk meningkatkan, kapasitas dan kualitas serta militansi kader,” kata Djarot dalam arahannya secara virtual.

Baca Juga:Kader PDIP Tebing Tinggi Kembali Lakukan Penghijauan

Yang kedua menurut Djarot yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Sumut 3 tersebut, kegiatan ini merupakan progam kaderisasi berjenjang untuk meningkatkan Lima Mantap Partai, yaitu Mantap Ideologi, Mantap Organisasi, Mantap Kader, Mantap Program dan Mantap Sumberdaya.

“Ketiga, di era peningkatan kemajuan tekhnologi infomasi, maka kader di semua tingkatan dituntut harus mampu paham dan menguasai tekhnologi. Maka kegiatan ini dilaksanakan dengan melalui aplikasi, agar peserta bisa dan terbiasa memanfaatkan tekhnologi berbasis digital dalam menjalankan roda organisasi yang semakin dinamis ke depan,” terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dari kegitan ini, Djarot berharap setidaknya akan mengetahui kemampuan manajerial, loyalitas, kepemimpinan dan daya tahan serta disiplin para pengurus PAC yang akan datang sebagai garda terdepan, kekuatan Partai dalam mengorganisir dan peduli terhadap persoalan kerakyatan.

Baca Juga:Gerakan Cinta Bumi, Kader PDIP Tanam 1.000 Pohon di Pinggiran Bah Bolon

“Hasil dari psikotes ini akan menjadi salah satu pertimbangan penting dan strategis bagi DPD Partai dalam menentukan Pimpinan atau KSB PAC Partai dan strukturnya,” pungkas Djarot semangat.

Sementara itu dalam laporannya, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Dr Sutarto MSi mengatakan, seluruh peserta yang mengikuti test terdiri dari peserta yang diseleksi dalam tahapan dan penjaringan dari tingkat Anak ranting, Pengurus Ranting, PAC dan Penjaringan di DPC serta melalui DPD Partai.

“Test ini akan diikuti 413 peserta dari 76 kecamatan yang pelaksanaannya dibagi dalam tiga gelombang, yakni 22 hingga 24 Februari. Psycotest ini, DPD PDI Perjuangan Sumut malakukan kerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) sesuai intruksi DPP Partai,” kata Sutarto. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles