8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BOR Covid-19 di Medan Hampir Penuh, Pasien Banyak dari Luar

Medan, MISTAR.ID

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah mengaku tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy (BOR) rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Medan, hampir penuh.

dr Aris Yudhariansyah mengatakan, saat ini BOR untuk pasien Covid-19 tersebut memang meningkat dari biasanya. Aris menaksir, jumlahnya bahkan berada di atas 80 persen untuk di Kota Medan. “Penuh ya wajar, karena BOR meningkat daripada biasanya,” ungkapnya, Kamis (6/5/21).

Aris mengatakan, hal ini dikarenakan banyak di antara Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kini minta dirawat. Kemudian, di samping angka kasus aktif, di Sumut sendiri jumlahnya terus bertambah. “Makanya saat ini kita upayakan agar RSUD dan rumah sakit yang ada di luar Medan juga ikut merawat pasien Covid-19. Jadi tidak semuanya didorong ke Medan,” jelasnya.

Baca Juga:Gubsu Bantah RS di Sumut Sudah Tak Sanggup Tangani Pasien Covid-19

Menurut Aris, bila BOR untuk penderita Covid-19 meningkat, sementara kasus di daerah semuanya didorong ke Medan, tentu lambat laun daya tampung rumah sakit di ibu kota Provinsi Sumut akan penuh. Untuk itu, Satgas Covid-19 Sumut meminta agar daerah ikut membantu dengan merawat sendiri pasien Covid-19. “Jangan OTG semuanya didorong ke Medan. Diimbau agar kabupaten/ kota ikut membantu kasus di daerahnya,” pungkasnya. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles