10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BMKG: Sepekan ke Depan, Curah Hujan Masih Tinggi

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi hujan ringan hingga sedang pada pagi dan malam hari, masih berpotensi terjadi di Medan dan sejumlah wilayah di Sumatera Utara dalam sepekan ke depan.

“Hal itu dipicu angin timuran. Kondisi ini menyebabkan hujan terjadi pada pagi hari (yang biasanya terjadi pada musim penghujan),” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui prakirawannya Nora Sinaga, Rabu (26/10/22) siang.

Selain itu, hal lainnya yang memicu hujan terjadi pada pagi dan malam hari karena adanya pertemuan angin, yang menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan di sebagian besar wilayah Sumut.

Baca Juga:BMKG Prakirakan Sebagian Kota Besar di Indonesia Hujan Ringan

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana yang dapat terjadi akibat dari cuaca buruk, seperti banjir, longsor dan pohon tumbang,” katanya.

Nora menjelaskan, pagi hari hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah pantai dan lereng timur Sumut. Siang hingga sore hari nanti, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Sumut.

“Malam hingga dini hari hujan juga akan meluas  ke daerah Langkat, Karo, Medan, Deli Serdang, Binjai, Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labura, Labuhanbatu, Labusel, Taput hingga Tapteng,” jelasnya.

Baca Juga:BMKG Medan Keluarkan Peringatan Dini Waspada Hujan Deras di Daerah Ini

Nora mengatakan, suhu udara di Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0-31.0⁰ C. Kelembaban udara 60-98%, sementara angin yang bertiup dari barat daya ke timur laut berkekuatan 10-30 km/jam.

“Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumut hari ini,” pungkasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles