16 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Bangkitkan Semangat UMKM, 2.500 Toko Kelontong Ikut Pesta Retail SRC

Medan, MISTAR.ID

Bangkitkan semangat UMKM, PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong. Melalui, Pesta Retail Ujung Sumatera yang diikuti sebanyak 2.500 toko kelontong di Lapangan Benteng Medan, diharapkan bisa memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.

Pesta Retail Ujung Sumatera ini terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November – 18 Desember 2022. Di Sumut tepatnya di Kota Medan di hadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Dalam kesempatan tersebut Edy memberikan dukungan penuh bagi kemajuan toko kelontong Indonesia. Ia juga menyapa ribuan pemilik toko kelontong yang hadir pada acara tersebut.

Baca juga:Bobby Nasution: Medan, Kota Pertama Gratiskan Pengurusan Sertifikat Halal UMKM

“Harapannya toko- toko kelontong di Sumut ini bisa mencontoh SRC. Tokonya rapi, barang ditata, dan sudah bisa digital. Ini harus diedukasikan oleh SRC sehingga bisa melayani dengan modernisasi,” kata Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Sementara, Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk, Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

Baca juga:500 Kios Terbakar di Pasar Tingkat Berastagi

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. “Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Ujung Sumatera akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Sumatera Utara dan Aceh.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” pungkasnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles