12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Balik Mudik Nataru, Tiket KA Drive I Sumut Hampir Ludes

Medan, MISTAR.ID

Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah KAI Divre I Sumut masih terpantau lancar terkendali. Untuk penumpang arus balik mudik hari ini Jumat (5/1/24) di wilayah Divre I Sumut sebanyak 7.613 penumpang.

Manager Humas Divre I SU, Anwar Solikhin mengatakan jumlah tersebut masih bisa bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung sampai dengan keberangkatan kereta malam hari.

“Secara total selama Nataru (21 Des sd 7 Jan) tiket KA sudah terjual 139.443 atau 95% dari total kapasitas yang disediakan yakni 146.134 tiket,” katanya pada mistar.id, Jumat (5/1/24).

Baca juga: Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Tinjau Pospam Arus Mudik Libur Nataru dan Sejumlah Gereja

Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dilaksanakan selama 18 hari, sejak 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. Pada masa angkutan Nataru PT KAI Divre I SU mengoperasikan rata-rata 18 KA per hari.

“Dari sisi sarana, PT KAI Divre I SU telah menyiapkan 71 armada kereta siap guna setiap harinya dan armada lokomotif sebanyak 31 lokomotif setiap hari. Penumpang didominasi keberangkatan dari Stasiun Rantauprapat, Kisaran dan Tanjung Balai menuju Medan,” ujarnya.

Keselamatan perjalanan kereta api juga tidak lepas dari dukungan kesiapan sisi jalur rel kereta api. Divre I SU telah melakukan pemetaan area-area yang butuh perhatian khusus, total terdapat pada 9 titik yang terbagi menjadi, 2 titik rawan longsor, 6 titik rawan banjir dan 1 titik rawan ambles.

“Demi memastikan perjalanan kereta api selalu aman dan lancar di jalur rel saat masa angkutan Nataru, tahun ini PT KAI Divre I SU kembali menambah petugas ekstra, yakni sebanyak 42 PJL ekstra, 9 penjaga di daerah perlu perhatian khusus dan 2 Petugas Pemeriksa Jalur ekstra. Selain itu Divre I SU juga menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu ballast, bantalan, rel, pasir, dan lainnya di 13 titik,” jelas Anwar

Baca juga: PT KAI Drive I Sumut Operasikan 16 KA Selama Nataru

Sedangkan untuk pengamanan, PT KAI Divre I SU menyiagakan 230 personel yang terdiri dari 195 dari internal Divre I SU (75 Polsuska, 120 PKD/security) dan 35 personel eksternal (Pabin, Bhabin, Polri dan TNI).

“Divre I SU mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara agar berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang pada masa Angkutan Nataru. Pasalnya, akan terdapat kereta api tambahan yang dioperasikan, sehingga intensitas KA melintas akan bertambah dari jadwal biasanya,” sampainya.

Kemudian Anwar menginformasikan khusus perlintasan sebidang, di wilayah Divre I SU terdapat 448 perlintasan sebidang.

“Dengan rincian, 111 perlintasan resmi dan dijaga, 337 perlintasan tidak resmi. Sedangkan untuk perlintasan tidak sebidang terdapat 17 flyover dan 18 underpass,” tutupnya. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles