21.3 C
New York
Saturday, July 20, 2024

Weekend H+3 Lebaran, Lalu Lintas Siantar Mulai Padat

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Arus lalu lintas di Kota Pematangsiantar terpantau padat, Sabtu (13/4/2024). Volume kendaraan terus meningkat dari hari-hari sebelumnya.

“Meningkat sekitar 800 kendaraan per jamnya,” sebut Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub), Agresa Affandi.

Agresa bilang, peningkatan volume kendaraan itu memasuki siang hingga ke sore hari yang terdata di kawasan Jalan Siantar – Parapat, Simpang Dua, Kota Pematangsiantar.

“Terpantau terjadi antrian panjang dari simpang rindam sampai simpang dua. Dan dari simpang dua sampai simpang sidamanik. Diberlakukan buka tutup jalan,” pungkasnya.

Sebelumnya, H+1 Lebaran 2024, arus lalu lintas di Kota Pematangsiantar mengalami peningkatan volume kendaraan, pada Kamis (11/4/2024). Mayoritas pemudik domestik masih mendominasi.

Baca juga: Memasuki Puncak Arus Mudik, Lalu Lintas di Siantar Terpantau Ramai Lancar

Dishub mencatat, volume kendaraan meningkat dengan 700 kendaraan per jamnya. Peningkatan kendaraan itu di Simpang Dua, baik yang dari arah Parapat menuju Kota Pematangsiantar maupun dari Kota Pematangsiantar menuju Parapat.

“Sebelumnya berdasarkan data, 500 kendaraan melintasi Kota Pematangsiantar per jamnya,” katanya.

Agresa menambahkan, kenaikan volume kendaraan didominasi aktivitas pemudik lokal yang bersilaturahmi. Disusul dari pemudik dari luar daerah yang melintasi Kota Sapangambei Manoktok Hitei.

“Plat BK sekitar 60 persen, BB sekitar 20 persen, dan BM sekitar 15 persen,” katanya.

Kepada pemudik, ia mengingatkan Pemko Pematangsiantar dan Kepolisian telah menyiapkan Pos Terpadu dan skema jalur alternatif guna mengantisipasi kemacetan.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Mudik Lebaran, Jumlah Meninggal 41 Orang

Sebelumnya, Wali Kota Susanti Dewayani menyebut situasi lalu lintas masih aman terkendali dan kondusif atas usaha semua pihak Pemko Pematangsiantar, Forkopimda, serta seluruh lapisan masyarakat.

Kepada para pemudik yang akan melintas dari Kota Pematangsiantar, kata dia, dapat memantau kondisi lalulintas melalui 24 CCTV yang disediakan Pemko Pematangsiantar di sejumlah ruas jalan.

“Ada 24 CCTV yang bisa dilihat melalui website Kota Pematangsiantar, dengan tujuan kita dapat mengantisipasi supaya tidak terjebak macet dalam perjalanan,” katanya. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles