19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

APPI dan Poldasu Beri Sembako serta Program Re-Struktur bagi Nasabah

Medan, MISTAR.ID
Dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait PPKM level 4, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Kota Medan bersama Direktorat Intelkam Polda Sumatera Utara memberikan bantuan kepada masyarakat dan nasabah/konsumen yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepedulian itu diwujudkan dalam pemberian 100 paket sembako di tiga lokasi di kota Medan dan memberi kelonggaran terhadap nasabah kredit, Sabtu (24/7/21) siang.

Dalam kegiatan di Jalan Setia Budi Medan, Ketua APPI FKD Medan, Andry Alvin Panggabean mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mendukung kebijakan pemerintah terhadap kebijakan PPKM Darurat/Level 4, agar pandemi segera berakhir.

Baca juga: Hari Ini Dimulai Penyaluran Bantuan Beras PPKM

“Untuk itu, kita ada sedikit sembako yang kita bagi-bagi ke masyarakat dan konsumen kita yang terdampak langsung Covid-19 ataupun akibat PPKM Darurat ini,” ujar Andry Alvin didampingi personel Dit Intelkam Polda Sumut, Donal Sitanggang.

Kata dia, pihaknya membagikan sekitar 100 paket sembako dengan sasaran nasabah atau konsumen dan juga masyarakat yang terdampak. Selain sembako, sambungnya, bantuan kepada konsumen juga diberikan dalam program re-struktur.

“Jadi, kita minta masyarakat konsumen yang terdampak langsung (Covid-19) dapat menggunakan program yang kita beri nama re-struktur yang berlaku sampai 31 Maret 2022,” terangnya.

Baca juga: Tenaga Medis RS USU Medan Dapat Bantuan Makanan Siap Saji

Namun, program itu memiliki aturan dan kebijakan masing-masing perusahaan pembiayaan (leasing). “Karena kebijakan itu sudah diatur oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Ini bentuk keringan atau kepedulian kepada nasabah dan konsumen yang terdampak langsung. Jadi, ada kriteria khusus yang terdampak langsung. Kita akan lakukan survei ulang,” sebut Andry.

Menurutnya, selama ini program re-struktur itu sangat membantu bagi konsumen yang terdampak langsung Covid-19. Bentuk kelonggaran ini memiliki banyak tipe, tergantung kebijakan perusahaan pembiayaan, tidak semua sama.

“Seperti perpanjangan debit, ada dia tidak membayar selama tiga bulan. Initinya, APPI mendukung program pemerintah,” pungkasnya.

Sementara, seorang warga atau konsumen penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan program re-struktur yang diterapkan.

“Terima kasih, karena ini sangat membantu kami sebagai masyarakat dan konsumen. Di masa pandemi ini, kita harus mendukung program pemerintah, agar Covid-19 segera berakhir,” ucap warga. (Saut/hm06)

Related Articles

Latest Articles