6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, DPRD Medan Minta Pemko Perketat Pemeriksaan Masyarakat

Medan, MISTAR.ID

Seolah masuk jilid II, virus corona mendadak kembali di penghujung tahun 2023. Saat ini, kasus penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut meningkat di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Kondisi ini pun dikhawatirkan juga terjadi di Indonesia. Oleh karenanya, Pemerintah diharapkan bisa berperan aktif guna mengantisipasi penyebaran virus yang ditemukan pada tahun 2019 lalu itu.

Menanggapi kondisi itu, Sekretaris Komisi II DPRD Medan, Wong Chun Sen meminta Pemko Medan khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk lebih memperketat pemeriksaan kesehatan masyarakat.

“Bagi masyarakat yang sering bepergian ke luar negeri, khususnya yang ke Malaysia ataupun Singapura harus dicek kesehatannya. Pastikan dulu, kalau perlu lakukan karantina. Dinkes Medan harus aktif,” pinta Politisi PDIP ini saat diwawancarai mistar.id, Jumat (8/12/23).

Baca juga: Varian Baru Covid-19

Dikatakannya, kasus yang terjadi di tahun 2020 harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Sebab, saat itu kondisi Kota Medan sangat terpuruk, baik itu dari sektor ekonomi dan usaha.

“Sebenarnya saat ini kita juga masih dalam tahap pemulihan pasca Covid-19 lalu. Oleh karenanya, jangan biarkan itu terjadi, sudah cukup terpuruk kita dengan kondisi yang lalu,” katanya.

Tidak hanya kepada pemerintah, Wong juga meminta kepada masyarakat yang mengalami gejala-gejala Covid-19 untuk melapor dan memeriksakannya ke puskesmas.

“Jangan takut, segera periksa kalau merasa ada gejala. Kepala lingkungan (kepling) harus memperhatikan warganya. Berikan sosialisasi secara masif,” tegasnya.

Baca juga: Singapura Alami Lonjakan Kasus Covid-19

Meski saat ini belum ditemukan di Kota Medan, Wong menganggap ini merupakan ancaman yang serius. Sebab diketahui, Covid-19 yang lalu sangat berdampak ke semua sektor.

“Ini harus kita antisipasi agar situasinya tidak menjadi semakin parah. Jika kita semua sepakat tidak ingin ada penyebaran corona lagi, makanya semuanya harus turut berperan,” pungkasnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles