12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Presiden Jokowi Lantik Marthinus Hukom Sebagai Kepala BNN

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), menggantikan Irjen Petrus Golose.

Pelantikan tersebut disertai dengan pengucapan sumpah. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 182/TPA Tahun 2023 juga dibacakan dalam acara pelantikan tersebut.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Marthinus mengikuti ucapan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/23), melansir CNN Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Kadensus 88 Irjen Pol Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN

Pelantikan dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Jokowi. Acara ditutup setelah Jokowi dan Marthinus berfoto bersama.

Marthinus Hukom merupakan lulusan Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri Angkatan 1991 dan memiliki karier di satuan Intelijen Antiteror Polri.

Pada tahun 2001, Marthinus menjabat sebagai Kepala Tim Antiteror Bom Polda Metro Jaya. Ketika Kapolri Jenderal Dai Bacthiar mendirikan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Marthinus ditunjuk sebagai Analis Intelijen di Satuan Tugas Antiteror Polri.

Baca Juga: Golkar Tolak Gubernur DKJ Dipilih Presiden

Dia kemudian dipercayai sebagai Kepala Bidang Intelijen Densus 88 pada tahun 2010. Pada tahun 2015, ia diangkat sebagai Wakil Kepala Densus 88.

Marthinus dipercayakan sebagai Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional pada tahun 2017, sebelum kembali diangkat sebagai Wakil Kepala Densus 88 pada tahun 2018.

Ia kemudian menjadi Kepala Densus 88 Antiteror Polri sejak 1 Mei 2020 dan menjabat selama sekitar tiga tahun sebelum diangkat oleh Jokowi sebagai Kepala BNN. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles