6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Anggaran DIPA dan TKD Sumut Capai Rp67 Triliun

Medan, MISTAR.ID

Sumatera Utara (Sumut) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2024 senilai Rp67,82 triliun. Dana tersebut terbagi menjadi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 44,19 triliun serta belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 23,63 triliun.

Penjabat Gubernur, Hassanudin menyerahkan DIPA secara digital dan mendorong seluruh pihak penerima agar segera mengimplementasikan program-program yang sudah direncanakan di awal tahun 2024.

Ini dilakukan untuk memastikan dampak positif pada program yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Hassanudin, Rabu (13/12/23), menekankan kebijakan fiskal tahun 2024, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bertujuan untuk memperkokoh pondasi perekonomian.

Baca juga: Jaga Keamanan Pemilu, Hassanudin Singgung Kerjasama Tim

“Fokus alokasi APBN 2024 mencakup perbaikan kualitas SDM, transformasi ekonomi hijau, subsidi dan bantuan sosial tepat sasaran, sinergi anggaran pusat dan daerah, serta peningkatan efisiensi belanja Negara,” kata Hassanudin.

Pada 2024, Sumut juga akan menyelenggarakan Pemilu serentak dan Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut. Pemprov Sumut meluncurkan strategi Kolaborasi Antar Wilayah dan Antar Lembaga (KAWAL) untuk menyukseskan kedua agenda tersebut.

“Kebutuhan belanja disusun sesuai prioritas dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas untuk menghindari potensi korupsi,” pungkas Hassanudin. (Hutajulu/hm20)

 

Related Articles

Latest Articles