12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Alat Berat Tak Bisa Masuk, Normalisasi Jembatan Palang Merah Dilakukan Secara Manual

Medan, MISTAR.ID

Usai dibuka Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman kemarin, petugas gabungan Pemko Medan, TNI dan BWSS II terus melakukan normalisasi Sungai Deli sepanjang 34,5 km yang melintasi Kota Medan.

Untuk yang di Sektor IV (DAS Kecamatan Medan Maimun-Polonia-Johor), aktivitas pembersihan terus dilakukan petugas gabungan. Bahkan meski hujan deras, gotong royong masih terus berlangsung.

“Jadi gotong royong terus dilakukan setiap hari selama 64 hari kerja (kecuali Sabtu dan Minggu). Untuk yang di sektor IV, kita menemukan kendala lantaran tidak adanya akses untuk alat berat masuk,” ucap Kasatpol PP Kota Medan Rakhmat Harahap saat dikonfirmasi Mistar, Sabtu (30/9/23).

Baca juga:Fokus Normalisasi Sungai, Pemko Medan Segera Pasang CCTV di Sekitar Sungai

Dikatakan Rakhmat, untuk yang di Sektor IV, dirinya selalu penanggung jawab membagi petugas menjadi 2 tim. Dimana Tim 1 melakukan pembersihan di Kecamatan Medan Maimun dan Medan Johor (dinding dan bantaran sungai bagian Timur). Sementara Tim 2 di Kecamatan Medan Polonia, Medan Kota dan Medan Area (dinding dan bantaran sungai bagian Barat).

“Pembersihan kita mulai dari pinggiran sungai dengan mengangkut sampah, rumput dan pohon bambu. Selanjutnya sampah dari pekerjaan diangkut bersama ke truk yang telah disediakan oleh pihak kecamatan dan Satpol PP Kota Medan,” katanya.

Rakhmat menyebut, untuk pembersihan di bawah jembatan Palang Merah ke arah selatan pihaknya menemui kesulitan karena tidak ada akses masuk alat berat.

Baca juga:Atasi Banjir, Masyarakat Dukung Normalisasi Sungai Deli

“Karena tidak ada akses, semua pengerjaan kita lakukan manual. Mulai dari mengangkut sampah dan memotong pohon,” sebutnya.

Dengan pembersihan yang dilakukan, Rakhamtboun mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan, terutama kelestarian sungai yang saat ini tengah dinormalisasi.

“Normalisasi ini sebagai upaya Pemko Medan Daam menangani banjir. Oleh sebab itu, sangat diharapkan dukungan masyarakat agar pengerjaan bisa berjalan lancar dan hasilnya bisa bermanfaat,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles