19.1 C
New York
Friday, May 24, 2024

Menlu Indonesia Tegas Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan tegas menolak normalisasi hubungan dengan Israel. Posisi tersebut ditegaskan untuk menunjukkan bahwa Indonesia tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina.

Retno mengungkapkan bahwa Indonesia telah menerima tekanan dari berbagai pihak di dunia internasional. Meski begitu, Indonesia tetap bertahan untuk menolak normalisasi.

“Meskipun ada desakan untuk menjalin hubungan normal dengan Israel, Indonesia tidak terpengaruh dan tetap kukuh dalam pendiriannya,” jelas Retno, Rabu (17/4/24).

Kementerian Luar Negeri RI juga telah membantah kabar bahwa Indonesia tengah menjajaki normalisasi hubungan dengan Israel.

Baca juga: Menlu RI Retno Marsudi Dipilih 57 Negara Upayakan Perdamaian di Palestina

Kabar tersebut berkaitan dengan syarat untuk bergabung dengan OECD. Media Israel, Ynet News, menyebut bahwa negosiasi sudah berlangsung selama tiga bulan di bawah pengawasan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz.

Hal senada juga dikatakan Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal. Ia menegaskan tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

“Indonesia mempertahankan sikapnya yang menolak normalisasi hubungan dengan Israel,” jelas Iqbal. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles