18.5 C
New York
Friday, May 17, 2024

Menlu RI Retno Marsudi Dipilih 57 Negara Upayakan Perdamaian di Palestina

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi terpilih menjadi salah satu Menlu yang akan mengupayakan perdamaian di Palestina. Kehormatan dari pemimpin negara OKI (Organisasi Kerjasama Islam) itu mendapat dukungan penuh Presiden RI Joko Widodo.

“Saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu Menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina,” kata Jokowi, pada Senin (13/11/23).

Sebelumnya diketahui Jokowi menghadiri KTT OKI. Pada kesempatan itu, Jokowi meminta gencatan senjata harus diwujudkan. Ia pun menyampaikan saat ini dunia tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Untuk itu, Presiden meminta seluruh pimpinan negara OKI memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

Baca juga: Jokowi: Dunia Tak Berdaya, OKI Harus Bersatu Bela Palestina

“Saat KTT saya menyampaikan secara khusus bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina sehingga saya mengajak negara negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” katanya.

Jokowi mendorong agar gencatan senjata segera diwjudkan dalam mencegah korban berjatuhan kembali. Kemudian, akses bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina harus dibuka dan dipercepat.

Baca juga: Hadiri KTT OKI, Jokowi Tiba di Riyadh

Adapun hasil dari KTT OKI ini atau dari suara 57 negara bakal disampaikan Jokowi saat dalam pertemuannya dengan Presiden AS, Joe Biden.

“Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia, dan pesan ini lah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari (hari ini),” kata Jokowi.(detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles