15.6 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

4 Parpol Tak Kunjung Kirim Nama Pimpinan Definitif DPRD Kota Medan

Medan, MISTAR.ID

Partai politik (parpol) Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) sampai saat ini belum juga mengirimkan nama siapa yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Kota Medan periode 2024-2029.

Hal itu juga terjadi terhadap pemenang kedua hingga keempat, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra dan Golongan Karya (Golkar). Masing-masing parpol belum juga mengirimkan nama ke Sekretariat DPRD Kota Medan untuk dilantik sebagai pimpinan definitif.

Sekretaris DPRD Kota Medan (Sekwan), M Ali Sipahutar saat dikonfirmasi mistar.id membenarkan bahwa sampai saat ini belum ada nama yang diajukan parpol pemenang untuk menduduki jabatan Pimpinan definitif DPRD Kota Medan.

“Pimpinan Sementara juga sudah menyurati 4 parpol pemenang tersebut, namun sampai saat ini belum ada nama yang diberikan,” ucap Ali, Selasa (8/10/24).

Baca juga: Pimpinan Definitif DPRD Batu Bara Dilantik

Ali mengatakan, bahwa tidak ada batasan waktu parpol pemenang untuk menyetorkan nama pimpinan definitif.

“Meski begitu, lebih cepat tentu lebih baik. Sebab kan nanti pelantikan Pimpinan definitif dulu, setelah itu baru pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” katanya.

Kalau berkaca pada DPRD Kota Medan periode 2019-2024, Ali mengaku bahwa pelantikan Pimpinan definitif dilakukan pada bulan November.

“Kita tidak bisa memastikan kapan nama-nama itu disetorkan. Yang pasti kita tunggu saja ya,” tutup mantan Camat Medan Denai ini.

Seperti diketahui, untuk PDIP ada 5 nama yang diajukan untuk menjadi calon Ketua DPRD Kota Medan. Mereka adalah Robi Barus, Margareth, Paul Simanjuntak, Wong Chun Sen dan Johannes Hutagalung.

Baca juga: DPRD Taput Bahas Pengusulan Ketua Definitif

Sementara PKS, yang diajukan hanya nama tunggal, yakni Ketua DPD PKS Kota Medan, Kasman Marasakti Lubis. Meski begitu, beredar isu bahwa saat ini nama Rajudin Sagala juga masuk dalam perebutan kursi pimpinan PKS.

Untuk Gerindra, beredar isu bahwa Zulkarnaen yang ditunjuk menjadi pimpinan dan Tia Anggraini menjadi Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kota Medan. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles