9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

3 Hari ke Depan, Medan Masih Berpotensi Diguyur Hujan Seharian

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan Kota Medan masih berpotensi mengguyur seharian selama 2 hingga 3 hari ke depan.

Kota Medan dan sekitarnya terus diguyur hujan seharian sejak pagi hingga malam hari, Minggu (24/12/23). Menurut BMKG, fenomena tersebut disebabkan kondisi angin yang mendapatkan gangguan.

“Kondisi angin terdapat gangguan cuaca di perairan Selat Malaka, sehingga terjadi belokan angin di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumbagut,” kata Endah Paramita, Prakirawan BMKG Wilayah I Medan saat dikonfirmasi Mistar.

Baca Juga: Sungai Deli Meluap, Sejumlah Lokasi di Medan Maimun Banjir

Lebih lanjut, Endah mengungkapkan, kondisi udara yang labil juga mempengaruhi cuaca hujan seharian yang terjadi di Kota Medan.

“Berdasarkan kondisi labilitas udara, di mana kondisi cuaca cukup labil, sehingga potensi hujan di Medan dan sekitarnya bertahan cukup lama,” sebutnya.

Endah pun mengatakan kondisi cuaca tersebut diprediksi akan masih berpotensi terjadi di Kota Medan dan sekitarnya.

“Masih berpeluang (terjadi) 2–3 hari ke depan. Untuk besok, Senin (25/12/2023), cuaca di Kota Medan pada pagi hingga sore hari masih berpeluang hujan dan malam harinya berawan,” katanya.

Baca Juga: Jelang Nataru 2024, Ramayana Siantar Ramai Pengunjung

Dengan kondisi cuaca tersebut, BMKG mengimbau masyarakat Kota Medan dan sekitarnya untuk selalu berwaspada terhadap kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu.

“Supaya tetap waspada terhadap potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan genangan air, pohon tumbang, dan bencana Hidrometeorologis lainnya,” tandas Endah. (Deddy/hm22)

Related Articles

Latest Articles