16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

183 Ribu Lebih Lansia di Sumut Sudah Diskrining Kesehatan

Medan, MISTAR.ID – Dari 1.511.620 lansia berusia 60 tahun ke atas di Sumatera Utara (Sumut), sebanyak 183.781 lansia atau 12,2% sudah mendapatkan skrining dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Sampai Tri Wulan I jumlah lansia yang sudah diskrining masih 183.781 orang atau 12,2%,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, Selasa (30/5/23).

Untuk itu, dalam memeriahkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2023, Dinkes Provinsi Sumut akan melakukan skrining terhadap kondisi kesehatan para lansia. Dimana, Dinkes Kabupaten/Kota se-Sumut serta Puskesmas akan membuat gerakan kesehatan lansia.

Baca Juga: RSUD dr Pirngadi Implementasikan 3 Inovasi untuk Tingkatkan Pelayanan

“Sehingga kita harapkan kegiatan HLUN ini bisa meningkatkan cakupan skrining lansia,” lanjutnya.

Salah satu kegiatan kesehatan yang akan dilakukan adalah senam. “Gerakan kesehatan ini seperti senam lansia, skrining kesehatan lansia, penyuluhan kesehatan bagi lansia dan selanjutnya mengirimkan dokumentasi kegiatannya melalui whatsApp grup (WAG) ke Dinkes Provsu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Helena Rugun mengatakan bahwa sasaran lansia di Kota Medan sebanyak 222.861 orang. Pelayanan lanjut usia di Kota Medan sudah mencapai 10% yang dilakukan sampai dengan bulan Maret 2023 di 195 posyandu di seluruh Kelurahan.

Baca Juga: Per Triwulan Sepanjang 2023, Pemko Siantar akan Bantu Lansia dan Anak Terlantar

“Skiring yang dilakukan antara lain pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan dan berat badan, gula darah, asam urat dan kolesterol, apabila ada lansia yg perlu pengobatan maka dirujuk ke puskesmas atau fasyankes tingkat  rujukan, serta melakukan kunjungan ke rumah,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles