9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Truk Polisi Tabrak Pendemo di New York dalam Aksi George Floyd

New Yorka, MISTAR.ID

Kepolisian Kota New York bakal menyelidiki insiden sebuah truk milik polisi setempat yang menerobos kerumunan massa dalam protes kematian George Floyd pada Sabtu (30/5) waktu setempat. Insiden ini sempat terekam dalam sebuah video dan diunggah ke Twitter.

Dalam video berdurasi 27 detik itu, mulanya kerumunan massa melemparkan benda-benda ke arah kendaraan tersebut. Kendaraan itu kemudian tiba-tiba menerobos barikade yang menjaga massa dan menabrak para demonstran.

Setelah itu, terdengar teriakan dari massa aksi ketika seseorang tampak melompat ke atas truk. Masih belum diketahui apakah ada pendemo yang cedera akibat insiden tersebut.

Seperti dilansir CNN, Wali Kota New York Bill de Blasio mengatakan insiden tersebut masih dalam penyelidikan. Kendati begitu ia menekankan bahwa ada kemungkinan petugas saat itu tidak memiliki pilihan lain.

Insiden ini kian memicu ketegangan antara kepolisian dan warga. Gelombang protes besar-besaran akibat kematian George Floyd diketahui terjadi di beberapa kota besar di Amerika Serikat. Warga marah atas kematian George, seorang warga kulit hitam, di tangan kepolisian Minneapolis.

Baca Juga:Mantan Polisi Pembunuh George Floyd Digugat Cerai Istri

Sementara itu di Seattle, setidaknya 27 orang ditangkap dalam sebuah aksi demonstrasi pada Sabtu malam. Kepala Departemen Kepolisian Seattle Carmen Best beralasan penangkapan dilakukan lantaran pelbagai dugaan pelanggaran di antaranya penyerangan, pembakaran, perusakan hingga penjarahan.

“Prioritasnya adalah melindungi kehidupan dan mengakhiri kehancuran. Saat ini kami tahu banyak perwira dan warga sipil yang cedera,” kata Carment Best menjelaskan.

“Departemen Kepolisian Seattle siap untuk memfasilitasi pelaksanaan hak Amandemen Pertama yang damai. Setelah pembunuhan George Floyd, kita semua marah, sedih, frustasi, dan patah hati,” tambah Best.

Baca Juga:Ekstremis Kiri Disebut Dalang Kerusuhan Protes Kasus George Floyd

Tetapi, aksi protes damai berujung ke tindak kekerasan karena ditengarai ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Pihak kepolisian Seattle masih menangani beberapa kelompok yang menyerang petugas dan melakukan penjarahan di pusat kota. Garda Nasional juga dikerahkan untuk membantu.

George Floyd meninggal pada Senin (25/5/20) akibat kehabisan napas setelah anggota polisi menekan lehernya dengan lutut dalam proses penangkapan di Minneapolis. Demonstrasi pecah pertama kali d

Related Articles

Latest Articles