10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Total 5 Drone Ditembak Jatuh di Moskow, Rusia: Ulah Teroris Ukraina

Rusia, MISTAR.ID

Rusia mengumumkan bahwa total lima drone ditembak jatuh setelah mereka terlihat di dekat ibu kota Moskow pada hari Selasa (4/7/23) waktu setempat. Moskow menggambarkan serangan pesawat tak berawak itu sebagai “teroris” dan menuduh Ukraina sebagai dalangnya.

Menurut AFP, serangan drone pada Selasa (4/7/23) itu juga mengganggu operasional Bandara Internasional Vnukovo. Namun, tidak ada kerusakan atau korban yang dilaporkan dari serangan pesawat tak berawak itu.

“Pagi ini kami menggagalkan upaya rezim Kyiv untuk melakukan serangan teroris menggunakan lima drone,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Dua Drone Misterius Dijatuhkan Alat Rusia di Dekat Moskow

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova juga menggambarkan serangan pesawat tak berawak Ukraina sebagai “teroris.”

“Upaya rezim Kyiv untuk menyerang zona di mana infrastruktur sipil berada, termasuk bandara yang menerima penerbangan internasional, adalah bentuk terorisme baru,” kata Zakharova dalam pernyataan melalui Telegram.

Militer Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa empat drone dihancurkan oleh sistem pertahanan udara, sementara yang lain dicegat dengan “alat elektronik” sebelum jatuh.

Baca juga: CIA Nilai Perang Rusia-Ukraina Dapat Hancurkan Kekuasaan Putin

Sebuah laporan oleh kantor berita RIA Novosti, mengutip layanan darurat Rusia, mengatakan salah satu drone dinonaktifkan di wilayah Kubinka, yang diketahui berjarak sekitar 40 kilometer dari Vnukovo.

Serangan drone mengganggu operasi Bandara Internasional Vnukovo. Beberapa penerbangan harus dialihkan ke bandara lain. Dan Administrasi Penerbangan Sipil Rusia mengumumkan bahwa lalu lintas udara di Vnukovo telah kembali normal pada pukul 05.00 GMT.

Baik otoritas Ukraina maupun militer belum memberikan tanggapan resmi atas tuduhan Rusia.

Baca juga: Rusia Umumkan Operasi Anti Teroris

Diketahui bahwa kota-kota Rusia telah dilanda serangkaian serangan pesawat tak berawak sejak invasi ke Ukraina dimulai setahun lalu. Serangan drone telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Ibu kota Moskow dan daerah sekitarnya, sekitar 500 kilometer dari perbatasan Ukraina, menjadi target yang relatif jarang di masa lalu.

Namun pada awal Mei, dua drone ditembak jatuh setelah terbang di atas gedung Kremlin. Di bulan yang sama, beberapa drone menabrak gedung pencakar langit di ibu kota Moskow. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles