15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Inovasi Demi Sepeda Bagus Produk Disdik Deli Serdang Dipamer Bupati Via Zoom Meeting

Deli Serdang, MISTAR.ID

Inovasi Demi Sepeda Bagus merupakan akronim dari Kabupaten Deli Serdang mewujudkan impian sekolah peduli keluarga dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Ini adalah model layanan pendidikan bagi ABK melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), inklusi sosial, pendidikan keluarga, kolaborasi stakeholder, maupun pembelajaran berdiferensiasi di Kabupaten Deli Serdang.

Latar belakang yang membidangi inovasi itu antara lain, akses pendidikan ABK di Kabupaten Deli Serdang belum terlayani dengan baik. Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), belum mampu menjangkau ABK yang mayoritas di pedesaan, kawasan pesisir dan daerah dengan kantong kemiskinan.

Hal ini disampaikan Bupati, Ashari Tambunan ketika mempresentasikan inovasi dimaksud melalui zoom meeting pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Top 45 Tahun 2023 di Aula Cendana, kantor Bupati Deli Serdang dan dibuka Tim Panel Independen, Eko Prasojo, serta diikuti anggota Tim Panel lainnya, Nurjaman Mochtar, Haruti Indah Suksmaningsih dan Erry R Harjaparnekas, pada Senin (3/7/23).

Baca juga: Kasubbag Umum Berganti, Kamar Mandi Musholla Disdik Deli Serdang Dibenahi

“Sekolah inklusi sebagai solusi pendidikan bagi ABK menyisakan banyak masalah. Dalam hal pembelajaran di kelas, kurangnya tenaga pendidikan yang paham ABK dan sarana prasarana pendukung,” ujarnya.

Latar belakang lain, lanjut Bupati, lahirnya inovasi itu merupakan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua belum berjalan baik. Dan terakhir, tidak semua ABK bisa belajar di sekolah inklusi, karena kondisi fisik yang tidak sempurna.

“Itu hal-hal yang melatarbelakangi kebijakan Pemkab Deli Serdang, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) untuk membidangi inovasi Demi Sepeda Bagus ini,” jelas Ashari.

Baca juga: Mutasi Kasubbag Umum Timbulkan Keheranan ASN Disdik Deli Serdang

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Ketua TP PKK Deli Serdang, Yunita Ashari Tambunan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Boya Timur Tumanggor, Asisten III Administrasi Umum, Dedy Maswardy, Kepala Bappedalitbang, Remus Hasiholan Pardede, Kepala Dinas P3AP2KB, Miska Gewasari, Kepala Dinas Kominfo Stan, Cristina Helen Siagian, Kepala Dinas PMD, Khairul Azman, Kepala Dinas Pendidikan,Yudy Hilmawan, pencipta Demi Sepeda Bagus, serta Sekretaris Disdik, Yusnaldi. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles