15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Tentara Rusia Berhasil Menghancurkan Rudal Buatan Inggris

Rusia, MISTAR.ID

Untuk pertama kalinya, tentara Rusia dilaporkan berhasil menembak jatuh sebuah rudal jarak jauh Storm Shadow yang dipasok ke Ukraina oleh Inggris pekan lalu. Hal itu disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (16/5/23).

Seperti diketahui, secara terbuka Inggris menjadi negar pertama yang memasok senjata canggih Ukraina. Senjata itu diharapkan membuat pasukan Ukraina mampu menggempur pasukan Rusia.

Baca Juga:Militer Rusia Bombardir Ibu Kota Ukraina Pakai Rudal Jelajah

Storm Shadow adalah senjata yang diluncurkan di udara dengan kemampuan jarak jauh. Berdasarkan keterangan pabrik senjata itu, MBDA, senjata itu didesain untuk melakukan serangan terencana terhadap target yang stasioner dan bernilai tinggi.

Rudal itu dapat dioperasikan dalam kondisi ekstrem. Storm Shadow pernah digunakan Inggris dan Prancis dalam Perang Teluk, Irak, dan Libia.

Sebelumnya, Moskow mengataka bahwa sejak pecan lalu militer Ukraina telah menggunakan rudal-rudal jelajah jarak jauh untuk menyerang lokasi-lokasi industri di kota Luhansk yang dikuasai Rusia di Ukraina timur.

Baca Juga:Inggris: Senjata Nuklir NATO Bikin Nyali Rusia Menciut

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan pada hari Senin (15/5) bahwa pemerintah Rusia memandang keputusan Inggris untuk memasok rudal tersebut dengan “sangat negatif”.

“Inggris mengklaim berada di garis depan di antara negara-negara yang terus mengirimkan senjata ke Ukraina,” katanya. (detik.hm17).

 

Related Articles

Latest Articles