9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Temuan, Mesin Oksigenasi Darah membantu Pasien Akut Covid-19

Virginia-MISTAR.ID

Ketika pasien Covid-19 dalam keadaan kritis, ancaman terbesar adalah disfungsi paru-paru yang menyebabkan darah tidak dapat mengalirkan cukup oksigen ke otak, hati, dan organ-organ lain.

Sebuah studi dari Universitas Virgina barat menunjukkan sebuah peralatan pendukung- sebuah mesin oksigenasi membran ekstrakoporeal (extracorporeal membrane oxygenation/ECMO)- yang sangat berguna untuk merawat pasien Covid-19 yang kritis. Tetapi alat ini kurang bermanfaat untuk pasien yang lebih tua yang memiliki kondisi sebelumnya dengan fungsi jantung yang telah memburuk.
Temuan ini telah ditulis di Journal ASAIO (American Society for Artificial Internal Organs).

Mesin ECMO bekerja dengan memompa darah eseorang di luar tubuhnya, mengoksigeninya dan mengembalikannya ke tubuh. Dengan cara ini mesin ECMO memberikan waktu kepada paru-paru dan terkadang jantung untuk beristirahat dan mememulihkan diri. Dan dapat membuat beberapa pasien tetap hidup ketika alat ventilator saja tidak cukup membantu.

Tim peneliti menganalisis 32 pasien Covid-19 dengan fungsi paru yang sangat terganggu dan didkung oleh mesin ECMO. 22 pasien atau 68 persen telah diselamatkan. Dari 22 pasien tersebut 17 orang masih menggunakan ECMO. Hanya 5 yang telah dicabut dari penggunaan ECMO dan masih hidup.

Kelima pasien tersebut mempunyi persamaan yaitu mereka sama-sama menerima bantuan mesin sejenis ECO yang mendukung paru-paru tetapi tidak dengan jantung telah berhasil dan dilepas dari mesin ECMO.

Wawasan ini membantu para dokter untuk memberi konseling pada pasien da anggota keluarga tentang resiko dan manfaat individual ECMO, jelas Jeremiah Hayanga, direktur dari WVU ECMO dan anggota peneliti.

Dari lima pasien yang berhail dilepas dari ECMO, empat telah menerima steroid melalui infus. Penemuan ini bertentangan dengan temuan China sebelumnya yang menyarankan steroid lebih berbahaya. Tetapi hanya karena data menunjukkan pasien Covid-19 yang lebih muda dan sehat mungkin lebih merespon ECMO dengan baik, dan itu tidak bearti pasien lain tidak boleh menerima dukungan alat ECMO.

 

Sumber: WVU Today
Pewarta: JA
Editor: hm06

Related Articles

Latest Articles