13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Tak Hiraukan Peringatan Donald Trump, Kapal Tanker Iran Masuk Ke Venezuela

Caracas, MISTAR.ID
Meski telah diperingatkan Amerika Serikat, satu dari lima tanker bahan bakar Iran mulai memasuki perairan Venezuela. Tanker bahan bakar milik Iran ini akan membawa bahan bakar untuk Venezuela yang tengah kekurangan.

Televisi pemerintah Venezuela sendiri melaporkan, kapal akan tiba pada pukul 7 malam waktu setempat, dan menunjukan gambar kapal laut dan pesawat yang bersiap untuk menemuinya.

Menteri Pertahanan Venezuela berjanji militer akan mengawal kapal tanker bernama Fortune tersebut, begitu memasuki zona ekonomi eksklusif Venezuela. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Venezuela karena merasa ada ancaman dari Amerika Serikat.

Kami menyambut kapal-kapal dari Iran. yang akan tiba di pelabuhan tanah air kami,” tulis Tareck El Aissami Economy Vice President yang baru-baru ini disebut sebagai menteri perminyakan di Twitter, Minggu (24/05/20).

Baca Juga:Iran Peringati Amerika Untuk Tak Ganggu Pengiriman Bahan Bakar ke Venezuela

Kapal tanker Iran diperkirakan membawa total 1,53 juta barel bensin dan alkylate ke Venezuela. Pengiriman ini dibutuhkan karena bensin semakin langka di Venuzuela. Kelangkaan ini pun berbuntut pada perselisihan diplomatik antara AS, Iran, dan Venezuela, karena kedua negara tersebut dikenai sanksi AS.

Hingga kini Washington belum memberikan pernyataan, namun tengah mempertimbangkan langkah-langkah tertentu sebagai tanggapan.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani memperingatkan AS, akan melakukan pembalasan jika AS menyebabkan masalah bagi kapal tanker bahan bakar untuk Venezuela.

“Jika kapal tanker kami di Karibia atau di manapun di dunia menghadapi masalah yang disebabkan oleh AS, mereka (AS) juga akan berada dalam masalah,” kata Rouhani dalam percakapan telepon dengan Emir Qatar, Mehr melaporkan.(cnbcindonesia/hm10)

Related Articles

Latest Articles