32.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Ratusan Ribu Jemaah Haji Dikeluarkan dari Makkah, Ternyata ini Penyebabnya

Makkah, MISTAR.ID

Menjelang puncak ibadah haji, ratusan ribu orang jemaah haji dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi dari Kota Makkah. Ternyata, mereka dikeluarkan gara-gara tidak terdaftar secara resmi sebagai jemaah haji.

Pengelolaan massa merupakan perhatian utama saat ibadah haji setiap tahunnya. Ibadah haji yang merupakan satu dari lima rukun Islam yang membuat jutaan umat Islam datang ke Makkah setiap musim haji, seperti dikutip dari AFP, Minggu (9/6/24).

Kantor berita resmi Saudi Press Agency menyebut ratusan ribu orang dikeluarkan dari kota suci, rumah bagi Masjidil Haram, dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga : Tertipu Agensi Ilegal, Ribuan Jemaah Haji Malaysia Dilaporkan Telantar di Madinah dan Makkah

Jumlah itu termasuk 153.998 orang asing yang melakukan perjalanan dari luar negeri dengan visa turis dan bukan visa haji yang diwajibkan.

Pihak berwenang Saudi juga mengamankan 171.587 orang lainnya yang berbasis di Arab Saudi, namun bukan warga Makkah dan tidak memiliki izin haji. Ibadah haji, yang dimulai pada tanggal 14 Juni, merupakan ibadah wajib dilakukan minimal satu kali oleh seluruh umat Islam yang mampu.

Related Articles

Latest Articles