12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Ratusan Polisi Disebar Buru Pelaku Penembakan Massal di Maine

Maine, MISTAR.ID

Ratusan polisi disebar ke seluruh negara bagian Maine, Amerika Serikat, untuk memburu seorang pria yang diduga menjadi pelaku penembakan massal di sebuah bar dan arena bowling di kota Lewiston, menewaskan 16 hingga 22 orang dan melukai puluhan lainnya, Rabu (25/10/23). Para pejabat mengatakan ada banyak korban namun menolak memberikan angka pastinya.

Polisi negara bagian dan lokal mengidentifikasi Robert R Card (40) yang dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama musim panas, sebagai orang yang diduga menjadi penembak.

Polisi mengunggah di Facebook foto-foto seorang pria berjanggut dengan hoodie coklat dan celana jeans di salah satu tempat kejadian perkara, memegang senjata semi-otomatis dalam posisi menembak.

“Kami memiliki ratusan petugas polisi yang bekerja di seluruh negara bagian Maine untuk menyelidiki kasus ini guna menemukan Card, yang merupakan orang yang dicurigai,” kata Komisaris Keamanan Publik Maine Mike Sauschuck.

Baca Juga : Seorang Pria Menembaki Pengunjung Bar di Maine, 22 Orang Dilaporkan Tewas

Polisi menemukan sebuah SUV putih yang mereka yakini dikendarai Card ke kota Lisbon, sekitar 11 Km ke arah tenggara, dan Sauschuck mengatakan orang-orang diminta untuk tetap berada di dalam rumah di Lewiston dan Lisbon.

Beberapa media melaporkan bahwa Card sebagai instruktur senjata api terlatih dan anggota cadangan Angkatan Darat AS yang baru-baru ini dilaporkan memiliki masalah kesehatan mental, termasuk mendengar suara-suara. Dikatakan juga bahwa dia mengancam akan menyerang markas Garda Nasional.

“Card juga dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama dua minggu selama musim panas 2023 dan kemudian dibebaskan,” demikian pemberitahuan dari Pusat Informasi & Analisis Maine.

Associated Press melaporkan bahwa dokumen tersebut diedarkan ke petugas penegak hukum. Tentara tidak segera menanggapi permintaan informasi tentang Card, termasuk rincian catatan dinasnya.

Baca Juga : Penembakan Massal Terjadi di Rotterdam, Polisi Amankan Satu Pelaku

Pertumpahan darah mengguncang negara bagian Maine yang sebagian besar merupakan pedesaan di sudut timur laut AS berbatasan dengan Kanada. Polisi mengatakan baku tembak pertama kali terjadi sesaat sebelum jam 7 malam. Bar dan arena bowling berjarak sekitar 6,5 Km.

Lewiston adalah bekas pusat tekstil dan kota berpenduduk 38.000 orang di Androscoggin County sekitar 56 Km utara kota terbesar Maine, Portland.

“Sebuah pusat rekreasi. Sebuah arena bowling. Sebuah bar di lingkungan sekitar. Tempat-tempat yang sering dikunjungi orang Amerika dan seharusnya merasa aman… ini adalah TKP dari beberapa penembakan malam ini di Maine,” kata Kris Brown, presiden Brady, sebuah kelompok advokasi keselamatan senjata.

Maine tidak memiliki undang-undang keselamatan senjata, termasuk peraturan senjata serbu, pemeriksaan latar belakang universal, dan undang-undang “bendera merah” yang memungkinkan penegak hukum untuk sementara melucuti senjata orang yang secara hukum dianggap berbahaya.

Related Articles

Latest Articles