19.3 C
New York
Monday, October 7, 2024

Raja Salman Terkena Infeksi Paru-Paru

Riyadh, MISTAR.ID

Raja Arab Saudi ke-7, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud terkena infeksi paru-paru dan saat ini tengah menjalani tes medis untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Dirangkum AFP yang mengutip keterangan resmi Kantor Berita Saudi, pada Senin (7/10/24), tes medis itu dijalankan sesuai rekomendasi dari tim medis Kerajaan Saudi.

Raja Salman kini sudah berumur 88 tahun. Dirinya menjadi Raja mulai tahun 2015. Putranya, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), berusia 39 dan merupakan putra mahkota pada 2017, serta bertindak sebagai pemimpin harian kerajaan.

Baca juga:Raja Salman Kembali Pimpin Rapat Setelah 2 Minggu Sakit

Arab Saudi telah bertahun-tahun berupaya meredakan spekulasi perihal kesehatan Raja Salman.

Kesejahteraan raja jarang dibicarakan, namun Pengadilan Kerajaan membeberkan pada bulan Mei jika Raja Salman menjalani program perawatan yang melibatkan antibiotik, pasca dirawat di rumah sakit untuk menjalani tes. Secepatnya pasca itu diumumkan bahwa dia telah sembuh.

Hanya bulan sebelumnya ia dirawat untuk pemeriksaan rutin dan keluar pada hari itu juga.

Baca juga:Raja Salman Minta Seluruh Negara di Dunia Desak Israel Hentikan Tindakan Brutal

Laporan resmi Kantor Berita Saudi kala itu, sebelumnya Raja Salman dirawat di rumah sakit pada Mei 2022, kala menjalani kolonoskopi dan tinggal selama lebih dari seminggu untuk menjalani tes lain dan waktu untuk rehat.

Raja Salman juga dirawat di rumah sakit pada Maret 2022 untuk menjalani tes medis yang berhasil, dan menukar baterai alat pacu jantungnya. Tahun 2020 ia menjalani operasi pengangkatan kantung empedunya.

Di tahun 2017, Riyadh menampik laporan dan spekulasi yang berkembang bahwa raja berwacana untuk turun tahta demi Pangeran MBS. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles