19 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Selama Perang, Palestina Sebut Israel Gali Jasad dan Hancurkan Gereja

Israel, MISTAR.ID

Israel diyakini telah menghancurkan 79 persen masjid dan tiga gereja di Jalur Gaza selama perang genosida terhadap rakyat Palestina. Hal itu disampaikan Kementerian Urusan Agama di Gaza mengumumkan pada Sabtu (5/10/24).

Tentara Israel juga telah menghancurkan 19 dari 60 kuburan dan meratakan 814 dari 1.245 masjid di Gaza dan merusak parah 148 lainnya selama pemboman yang semakin intensif.

Sementara kerugian finansial akibat kerusakan pada properti kementerian diperkiraan mencapai 350 juta dolar AS (sekitar Rp5,4 triliun), tambahnya.

Kementerian juga menuduh tentara Israel melakukan kekerasan brutal terhadap mereka yang sudah meninggal, seperti mencuri jenazah, menodai kuburan, menggali jasad dan merusaknya.

Baca juga:Serangan Udara Israel Bombardir Beirut

Kementerian juga mencatat adanya 11 fasilitas administratif dan pendidikan yang mencakup 79 persen dari struktur sejenis di Gaza hancur.

Kementerian mencatat bahwa pasukan Israel telah membunuh sekitar 238 karyawan mereka dan menahan 19 lainnya selama serangan darat di wilayah tersebut.

Kementerian juga mengutuk serangan Israel yang menyasar situs-situs keagamaan di Gaza dan mendesak komunitas internasional, termasuk organisasi Islam dan pemerintah dunia sesegera mungkin campur tangan guna menghentikan “perang pemusnahan yang terus berlangsung.”

Israel telah menyerang Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, untuk memerangi kelompok Palestina, Hamas. Serangan itu telah menewaskan sekitar 41.800 orang. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles