6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Raja Norwegia Harald Masuk Rumah Sakit Saat Liburan ke Malaysia

Oslo, MISTAR.ID

Raja Norwegia Harald V masuk rumah sakit akibat infeksi saat sedang berlibur di Malaysia. Royal House of Norwegia mengonfirmasi kondisi kesehatan raja berusia 87 tahun tersebut pada Selasa (27/2/24).

Kunjungan Harald V ke Malaysia merupakan bagian dari jadwal pribadi saat melakukan perjalanan ke Asia Tenggara beberapa waktu terakhir.

“Yang Mulia Raja jatuh sakit saat liburan di Malaysia dan dirawat di rumah sakit di sana karena infeksi. Raja menerima perawatan yang baik dari personel medis Malaysia dan Norwegia,” ucap pernyataan resmi kerajaan dilansir, Rabu (28/2/24).

Harald V kini tercatat sebagai raja tertua yang berkuasa di Eropa. Ia berusia 87 tahun per Februari 2024. Kini, ia membutuhkan tongkat untuk bergerak dan menderita serangkaian penyakit dalam beberapa waktu terakhir. Beberapa yang tercatat seperti operasi jantung dan berbagai masalah pernapasan, termasuk infeksi.

Baca Juga : Tidak Terapkan Lockdown, Raja Swedia Akui Negaranya Salah

Pada akhir Januari 2024, Harald juga mengambil cuti sakit karena infeksi saluran pernapasan. Kini ia alami infeksi lagi. Namun, kerajaan Norwegia belum mengungkapkan detail infeksi yang menjangkit Raja Harald saat berada di Malaysia.

Ia sebelumnya menepis spekulasi turun tahta dalam waktu dekat karena kondisi tersebut. Spekulasi itu menyusul jejak sepupu jauhnya, Ratu Margrethe II Denmark.

Ratu Margrethe II berulang kali menegaskan tak akan pernah mundur. Namun, ia tiba-tiba mengejutkan warga Denmark pada Malam Tahun Baru dengan mengumumkan rencana turun takhta demi putra sulungnya, Frederik.

Kendati demikian, Harald mengaku tak akan mundur demi memenuhi sumpahnya kepada parlemen. Ia sudah menjadi kepala negara seremonial Norwegia sejak 1991. “Saya berpegang pada apa yang selalu saya katakan, bahwa saya bersumpah kepada Storting (parlemen) dan itu seumur hidup,” kata Harald, dikutip media Norwegia.

Selama Harald sedang tak bertugas, Putra Mahkota Haakon yang kini berusia 50 tahun menjadi wakil sang ayah. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles