23.9 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Raja Baru Malaysia Segera Dinobatkan

Malaysia, MISTAR.ID

Raja baru Malaysia Sultan Ibrahim Iskandar akan dinobatkan sebagai Raja baru Malaysia, Rabu (31/1/24) mendatang. Penobatan ini dilakukan setelah terpilihnya Sultan Ibrahim Iskandar, dari negara bagian wilayah selatan, Johor, ke tampuk monarki pada Oktober tahun lalu.

Tidak seperti para pemimpin tradisional Malaysia lainnya, Sultan Ibrahim berbicara sangat terbuka mengenai politik. Dia dikenal memiliki banyak koleksi mobil dan motor mewah, serta memiliki bisnis yang beragam mulai dari real estat hingga pertambangan.

Untuk diketahui, Raja memiliki peran seremonial di Malaysia, termasuk bertindak sebagai pemimpin Islam di negara mayoritas Muslim tersebut.

Baca Juga : Polisi Malaysia Bongkar Sindikat Penyelundup Narkoba, Diduga Tujuan Indonesia

Namun, monarki menjadi lebih berpengaruh dalam beberapa tahun terakhir, karena ketidakstabilan politik berkepanjangan, mendorong raja yang berkuasa untuk menggunakan kekuasaan diskresi yang jarang digunakan.

Sembilan keluarga kerajaan Malaysia membentuk Dewan Penguasa yang kemudian melakukan pemungutan suara, untuk memilih seorang raja diantara mereka untuk masa jabatan lima tahun. Sultan Ibrahim akan mengambil alih jabatan dari petahana, Raja Al-Sultan Abdullah. (voa/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles