8.9 C
New York
Friday, October 18, 2024

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas, Pentagon: Ini adalah operasi Israel

Washington, MISTAR.ID

Meskipun intelijennya ikut membantu pencarian terhadap para pemimpin Hamas, pasukan Amerika Serikat (AS) dinyatakan tidak terlibat dalam operasi Israel yang menewaskan pimpinan Hamas, Yahya Sinwar.

“Ini adalah operasi Israel. Pasukan AS tidak terlibat secara langsung,” ungkap Sekretaris Pers Pentagon Mayjen Pat Ryder, seperti dilansir The Hill, pada Jumat (18/10/24).

Pasukan AS, kata Ryder, memiliki sejumlah kecil pasukan operasi khusus yang telah memberi nasihat kepada Israel tentang upaya penyelamatan sandera.

Baca juga: Pemimpin Dunia Bereaksi atas Kematian Yahya Sinwar dalam Serangan Israel

“(Pasukan operasi khusus) Itu termasuk bekerja berdampingan dengan rekan-rekan mereka di Israel untuk membantu menemukan dan melacak Sinwar serta para pemimpin Hamas lainnya yang bersembunyi di Gaza yang telah menyandera sejumlah orang, termasuk warga AS, sejak 7 Oktober tahun lalu,” ujarnya.

Untuk itu, Ryder pun meminta para awak media mengajukan pertanyaan lebih lanjut kepada Israel mengenai rincian operasi tersebut.

Namun, bagaimanapun, Ryder menyebut kematian Sinwar sebagai perkembangan yang signifikan dan pencapaian kontraterorisme yang besar. (lp6/hm27).

Related Articles

Latest Articles