12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemakaman Mendiang Oposisi Rusia Alexey Navalny Digelar Besok

Moskow, MISTAR.ID

Pemakaman mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexey Navalny akan berlangsung di sebuah gereja di Moskow dan terbuka untuk umum, Jumat (1/3/24). Namun, belum bisa dipastikan apakah pihak berwenang akan berusaha mencegah orang-orang untuk menghadiri acara tersebut atau tidak.

Rekan Navalny mengatakan, beberapa lokasi menolak menjadi tempat upacara pemakaman bagi Navalny yang berusia 47 tahun itu. Kritikus vokal terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin tersebut meninggal pada pertengahan Februari dalam keadaan yang mencurigakan di koloni hukuman terpencil di Arktik, Kutub Utara.

Istri Navalny, Yulia Navalnaya, dalam pidatonya pada Rabu (28/2/24) di depan Parlemen Eropa di Strasbourg mengatakan, pemakaman akan dilangsungkan lusa.

“Saya belum yakin apakah akan berlangsung damai atau apakah polisi akan menangkap mereka yang datang untuk mengucapkan selamat jalan kepada suami saya,” ucapnya.

Baca Juga :Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Meninggal di Penjara

Navalnaya mendapat banyak tepuk tangan meriah dari anggota parlemen Eropa, ketika dia mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Mereka membunuhnya. Bahkan setelah itu, mereka menganiaya mayatnya dan menganiaya ibunya. Di satu sisi, pembunuhan di depan umum sekali lagi menunjukkan kepada semua orang bahwa Putin mampu melakukan apa pun dan bahwa Anda tidak dapat bernegosiasi dengannya. Putin adalah pemimpin geng kriminal terorganisir. Anda tidak berurusan dengan politisi, tapi dengan mafia berdarah,” sebutnya.

Juru bicara Navalny, Kira Yarmysh menambahkan, prosesi pemakaman akan berlangsung di Church of the Icon of the Mother of God Soothe My Sorrows, sebuah gereja Ortodoks Rusia yang dilengkapi dengan lima kubah di tenggara distrik Maryino, tempat dimana Navalny pernah tinggal.

“Jenazah kemudian akan dimakamkan di tempat pemakaman Borisovskoye,” pungkasnya. (voa/hm24)

Related Articles

Latest Articles