11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pencuri Hancurkan 10 Makam di Binjai, Demi Mengambil Besi yang Ada di Dalam Nisan

Binjai, MISTAR.ID

Sedikitnya 10 makam warga yang ada di tempat pemakaman umum (TPU) muslim, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai dirusak oleh orang yang tidak dikenal (OTK).

Seluruh batu nisan makam hancur dan rata dengan tanah, diduga pengerusakan ini dilakukan untuk mengambil besi yang ada di dalam batu nisan. Peristiwa ini diketahui saat sejumlah warga akan menguburkan salah satu jenazah warga ke pemakaman tersebut.

Menurut petugas kebersihan makam, Ponisan, dirinya tidak mengetahui siapa yang melakukan pengrusakan ini karena dirinya tidak setiap hari berada di pemakaman itu. “Saya tidak setiap hari melakukan pembersihan pemakaman ini” ujar Ponisan, Kamis (11/1/24).

Video hancurnya pemakaman ini juga viral di tengah tengah masyarakat. Rusaknya makam ini membuat sejumlah warga yang mamakamkan keluarganya di lokasi tersebut menjadi was-was.

Baca Juga : Dua Pria Pelaku Pencurian Pagar Besi Madrasah di Binjai Ditangkap Polisi

Salah satu warga bernama Ilham yang tengah melihat kondisi kuburan orangtuanya di pemakaman tersebut mengatakan, mereka was was jika kuburan keluarganya ikut dirusak OTK.

“Saya datang ke sini melihat kuburan orang tua saya. Karena sebelumnya ada berita viral soal kuburan yang dibongkar. Jadi saya datang ke sini melihat apakah punya orang tua saya kena apa tidak,” ujar Ilham.

“Yang diambil besi di dalam batu nisannya. Batu nisannya dihancurkan, dan besinya diambil kemungkinan untuk dijual,” tambah Ilham.

Namun Ilham bersyukur, kuburan orang tuanya bukan salah satu kuburan yang ikut dibongkar. Peristiwa ini sendiri telah dilaporkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklajuti. (endang/hm24)

Related Articles

Latest Articles