18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Pelaku Penembakan di Colorado AS Ternyata Pria 21 Tahun Asal Suriah

Colorado, MISTAR.ID

Aksi penembakan massal yang mengguncang Colorado Amerika Serikat ternyata dilakukan seorang pria imigran berusia 21 tahun pendatang dari Suriah. Pelaku menggunakan senjata semi otomatis berkapasitas 30 peluru hingga menewaskan sepuluh orang di Boulder, Colorado, Amerika Serikat termasuk seorang polisi.

Dilansir media, Rabu (24/3/21), kepolisian setempat menyatakan pelaku bernama Ahmad Al Aliwi Alissa berusia 21 tahun. Dia menjadi penduduk AS dengan cara naturalisasi. Sampai saat ini para penegak hukum belum bisa membeberkan motif penembakan itu.

“Masih terlalu dini bagi kami untuk menarik kesimpulan pemicu kejadian itu saat ini,” kata seorang agen Biro Penyelidik Federal AS (FBI) di Kantor Wilayah Denver, Michael Schneider. Insiden penembakan yang dilakukan Ahmad di swalayan King Sooper itu menewaskan sepuluh orang, termasuk seorang polisi.

Baca juga: Penembakan Massal Tewaskan 10 Orang Termasuk Polisi Di Colorado AS

Para korban meninggal itu adalah seorang polisi bernama Eric Talley (51), Denny Stong (20), Neven Stanisic (23), Rikki Olds (25), Tralona Bartkowiak (49), Suzanne Fountain (59), Teri Leiker (51), Kevin Mahoney (61), Lynn Murray (62), dan Jody Waters (65).

Menurut keterangan polisi, Ahmad diyakini melakukan perbuatan itu seorang diri. Dia menggunakan senapan semi-otomatis Ruger AR-556 berkapasitas 30 peluru yang dibeli 16 Maret lalu. Ahmad menggunakan senjata api itu untuk menembaki orang-orang di swalayan tersebut.

Ahmad, kata polisi, sempat diobati karena terluka akibat kontak senjata dengan polisi pada betis kanan. Dia lalu dibawa ke kantor polisi usai lukanya dijahit.

Baca juga: Tiga Panti Pijat Di AS Ditembaki, 8 Orang Tewas

Menurut keterangan polisi, Talley adalah polisi yang pertama tiba di lokasi kejadian dan tewas dalam baku tembak dengan pelaku. Padahal menurut orang tua mendiang, Talley sudah berencana mengundurkan diri dari polisi karena ingin mempunyai pekerjaan yang tidak membahayakan, serta bisa lebih banyak menghabiskan dengan istri dan ketujuh anaknya.

Di sisi lain, sejumlah peristiwa penembakan dengan korban cukup besar beberapa kali terjadi di Colorado. Antara lain penembakan di bioskop Aurora pada 2012 dan penembakan di SMU Columbine dekat Littleton pada 1999 silam. Gubernur Colorado, Jared Polis, menyatakan turut berduka cita untuk para korban. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles