15.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Parlemen Tunjuk Tamas Sulyok jadi Presiden Baru Hungaria

Budapest, MISTAR.ID

Hungaria kini memiliki Presiden terpilih yang bakal menggantikan Katalin Novak, setelah parleman sepakat memilih Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Tamas Sulyok sebagai Presiden selanjutnya, Senin (26/2/24).

Tamas Sulyok terpilih sekitar dua pekan setelah Katalin Novak tiba-tiba mengundurkan diri akibat skandal pelecehan seksual di panti asuhan, Sabtu (10/2/24).

Reuters pada Selasa (27/2/24) memberitakan terpilihnya Sulyok dengan cepat dapat membantu Perdana Menteri Viktor Orban mendapatkan kembali inisiatif politik. Terlebih lagi setelah skandal yang menjerat Novak dan tampaknya bertentangan dengan salah satu prinsip utama partainya, yakni komitmennya terhadap nilai-nilai kekeluargaan dan Kristen tradisional.

Parlemen memilih Sulyok untuk masa jabatan lima tahun dengan dukungan anggota parlemen dari partai Orban yang berkuasa dan memiliki mayoritas suara.

“Sebagai seorang pengacara, juga kini sebagai Presiden, saya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membela persatuan bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar hukum,” kata Sulyok.

Baca Juga : Whoossh 50 Lap! Racer Hungaria Juarai Lomba Endurance Samosir Cup

Dalam pidato singkatnya setelah terpilih, dia menjanjikan transparansi dalam keputusannya mengenai pengampunan dan penghargaan Presiden.

Dikritik

Pihak oposisi mengkritik pencalonan Sulyok yang tidak berpengalaman secara politik. Sekitar 3.000 orang menggelar protes yang dilakukan empat partai oposisi untuk menyerukan pemilihan Presiden langsung. Jabatan presiden Hungaria sebagian besar bersifat seremonial.

AFP memberitakan Sulyok merupakan hakim konstitusi pada 2014 dan menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi Hungaria sejak 2016, sebuah mandat yang ia terima dengan dukungan anggota parlemen dari partai berkuasa Fidesz.

Dia dijadwalkan akan resmi menjabat sebagai Presiden Hungaria mulai 5 Maret 2024. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles