18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Negara-negara Muslim Desak Arab Saudi Batalkan Ibadah Haji Tahun Ini

Jeddah, MISTAR.ID

Negara-negara muslim mendesak Arab Saudi membatalkan ibadah haji tahun ini, karena dinilai sangat berbahaya.

“Ini adalah perdebatan antara mempertahankan nominal haji dan membatalkan sepenuhnya,” kata seorang pejabat Asia Selatan yang berhubungan dengan pihak berwenang haji Saudi, seperti dilansir dari AFP, Selasa (16/6/20).

Namun, di saat kerajaan Saudi masih merundingkan hal ini, waktu hampir habis untuk mengatur logistik untuk salah satu pertemuan massal terbesar di dunia itu.

Haji skala penuh, yang tahun lalu menarik sekitar 2,5 juta peziarah, tampaknya semakin tidak mungkin dilaksanakan. Apalagi setelah pada akhir Maret lalu, pihak berwenang Saudi menyarankan umat Muslim untuk menunda persiapan haji karena virus Corona yang mudah menular ini.

Baca juga: Arab Saudi Mempertimbangkan Pembatasan Jumlah Jemaah Haji

“Pada menit-menit terakhir jika Saudi mengatakan ‘kami siap melakukan haji penuh’, (secara logistik) banyak negara tidak akan berada dalam posisi” untuk ikut,” lanjut pejabat itu.

Sementara itu, serangkaian bencana mematikan selama bertahun-tahun, termasuk penyerbuan tahun 2015 yang menewaskan 2.300 jamaah haji, telah memicu kritik terhadap manajemen haji kerajaan Saudi.

“Arab Saudi terperangkap di antara iblis dan laut biru yang dalam,” ujar Umar Karim, seorang rekan tamu di Royal United Services Institute di London.

Dia menilai keterlambatan mengumumkan keputusan ibadah haji ini erat kaitannya dengan konsekuensi politik yang diterima Saudi.

“Keterlambatan mengumumkan keputusannya menunjukkan pihaknya memahami konsekuensi politik dari membatalkan haji atau mengurangi skalanya,” tutupnya.(dtc/hm07)

Related Articles

Latest Articles