28.9 C
New York
Monday, July 1, 2024

Memanas! Kelompok Hizbullah Tembakkan Roket ke Pangkalan Militer Israel

Tel Aviv , MISTAR.ID

Rentetan serangan roket menyasar pangkalan militer Israel bagian utara. Roket itu ditembakkan Kelompok Hizbullah sebagai pembalasan atas serangan udara Tel Aviv yang menghantam wilayah Lebanon dan menewaskan empat petempurnya.

Beberapa pekan ini perang besar-besaran antara Hizbullah dan Israel diperkirakan semakin meningkat. Serangan lintas perbatasan terus meningkat dan terjadi hampir setiap hari sejak perang berkecamuk di Jalur Gaza.

Dalam sebuat pernyataan, Hizbullah mengklaim roket Katyusha telah mengebom “pangkalan pertahanan udara dan rudal utama komando milik Israel yang ada di wilayah utara.

Baca juga: Pemukim Ekstremis Israel di Tepi Barat Palestina Kena Sanksi dari Pemerintah Kanada

“Sebagai respons atas serangan musuh yang menargetkan kota Nabatiyeh dan desa Sohmor,” sebut Hizbullah dalam pernyataannya dikutip Jumat (28/6/24)..

Hizbullah juga membuat pernyataannya soal empat petempurnya, meninggal akibat serangan di Lebanon, salah satu dari Sohmor.

Kelompok yang didukung Iran tersebut pun mengklaim pasukannya melancarkan dua serangan lainnya terhadap sejumlah pasukan dan posisi militer Israel, termasuk satu serangan yang menggunakan beberapa drone.

Sementara militer Israel sendiri menyebutkan ada sekitar 35 peluncuran teridentifikasi melintas dari Lebanon tetapi sistem pertahanan udara Tel Aviv “berhasil mencegatnya. Dalam serangan itu juga tidak ada korban.

Baca juga: Jerman Minta Lebanon dan Israel Redakan Ketegangan di Sepanjang Perbatasan

Militer Israel juga menyampaikan bahwa serangan udaranya telah membunuh tiga anggota Hizbullah, satu orang di area Sohmor dan dua lainnya di bagian selatan Lebanon. Tetapi belum diketahui dengan jelas apakah kematian tiga anggota Hizbullah yang diklaim Tel Aviv ini sama dengan laporan Hizbullah sebelumnya.

Militer Israel, dalam pernyataannya, juga menyebut bahwa “dua UAV (drone) yang teridentifikasi melintas dari Lebanon terjatuh” di Israel bagian utara, namun tidak memicu korban luka.

Sementara itu, laporan kantor berita Lebanon National News Agency (NNA) menyebut serangan udara Israel menghantam beberapa area di Lebanon bagian selatan pada Kamis (27/6) waktu setempat, dan satu serangan lainnya menghantam gedung permukiman di area Nabatiyeh hingga melukai “lebih dari 20 orang”. (detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles