6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Mar Galceran, Penderita Down Syndrom Pertama yang Jadi Anggota Parlemen Spanyol

Madrid, MISTAR.ID

Seorang penderita Down Syndrom bernama Mar Galceran menjadi wanita pertama yang berhasil menjadi anggota parlemen di Spanyol.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Masyarakat mulai menyadari jika orang-orang dengan sindrom down tetap dapat memberikan kontribusi berharga. Namun, perjalanan ini masih sangat panjang,” kata Galceran dalam sebuah pertemuan, Kamis (11/1/24).

Perjalanan Galceran menuju parlemen dimulai sejak usia 18 tahun, ketika dia bergabung dengan Partai Rakyat (PP) yang memiliki orientasi konservatif. Lama kelamaan, Galceran kemudian masuk ke kehidupan partai.

Keberhasilannya masuk parlemen terjadi sejak Mei 2023. Saat itu dia menjadi kandidat ke-20 yang diusung oleh PP dalam Pilkada Valencia.

Baca juga: 4 Orang Dinyatakan Meninggal Akibat Ditabrak Kereta di Spanyol

Akhirnya, Galceran berhasil memenangkan kursi di parlemen daerah. Carlos Mazon, pemimpin PP di wilayah tersebut menyatakan kebahagiaannya atas kemenangan Galceran.

“Selamat datang Mar. Kabar baik untuk dunia politik, mengatasi segala hambatan,” kata Carloz saat itu.

Selain Galceran, tahun 2020, Eleonore Laloux menjadi orang pertama dengan kelainan genetik di Prancis yang terpilih sebagai anggota dewan kota di Arras.

Di Irlandia ada Fintan Bray yang mampu menciptakan sejarah pada tahun 2022 dengan terpilih dalam posisi senior di partai politik. Ada pula Angela Bachiller membuka jalan sebagai anggota dewan kota pertama yang mengidap sindrom down pada 2013 di Valladolid. (bbc/hm20)

Related Articles

Latest Articles