31.2 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Ledakan Bom di Borno Nigeria Tewaskan 19 Orang

Maiduguri, MISTAR.ID

Sebanyak 19 orang tewas dan lebih dari 20 orang terluka ketika bom meledak di sebuah kedai teh yang populer di negara bagian Borno, Nigeria. Ledakan yang terjdi Rabu (31/7/24) malam Waktu setempat itu disebut sebagai serangan besar kedua dalam beberapa pekan terakhir.

Para pejabat keamanan dan pemerintah mengatakan, pemboman itu terjadi sekitar pukul 20.00 waktu setempat di Desa Kawuri, sekitar 50 Km dari ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri.

Para pejabat menyebut bom itu sengaja ditempatkan di sana dan bukan serangan bom bunuh diri. Tak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, namun kelompok jihadis Boko Haram dan saingannya, ISIS Provinsi Afrika Barat, sama-sama aktif di Borno.

Baca Juga : AS Suplai 10 Ribu Lebih Bom ke Israel untuk Menggempur Palestina

Laporan media lokal menyebut, kemungkinan pihak berwenang Nigeria akan menerapkan larangan pergerakan, pemeriksaan kendaraan, atau peraturan jam malam secara mendadak sebagai tanggapan terhadap serangan itu.

Pengeboman ini terjadi beberapa minggu setelah serangkaian serangan terpadu oleh sejumlah perempuan yang melakukan aksi bom bunuh diri. Serangan-serangan itu menewaskan 32 orang di wilayah Gwoza, negara bagian Borno. Serangan-serangan tit menargetkan pesta pernikahan, rumah sakit, dan pemakaman.

Borno yangberada di pusat pemberontakan Islam selama 15 tahun, telah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan jutaan lainnya mengungsi. Meski militer Nigeria telah menurunkan kemampuan para militan, mereka masih melakukan serangan mematikan terhadap warga sipil dan sasaran-sasaran keamanan. (mtr/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles