11.7 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Latihan Angkatan Laut China-Rusia untuk ‘Memperdalam’ Kemitraan

Beijing, MISTAR.ID

China mengatakan, latihan angkatan laut China-Rusia yang dimulai pada, Rabu (21/12/22), bertujuan untuk “lebih memperdalam” kerja sama antara pihak-pihak yang aliansi anti-Barat tidak resmi, yang telah memperoleh kekuatan sejak invasi Moskow ke Ukraina.

Latihan tersebut akan diadakan di lepas pantai provinsi Zhejiang di selatan Shanghai hingga, Selasa (27/12/22) depan, menurut pemberitahuan singkat yang diposting pada, Senin (19/12/22), oleh Komando Teater Timur China di bawah sayap militer Partai Komunis yang berkuasa, Tentara Pembebasan Rakyat.

“Latihan bersama ini diarahkan untuk menunjukkan tekad dan kemampuan kedua belah pihak untuk bersama-sama menanggapi ancaman keamanan maritim.”

Baca Juga:Mengerikan! China Terancam Hadapi 1 Juta Kematian Gegara Covid-19 Meroket

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kapal penjelajah rudal Varyag, kapal perusak Marshal Shaposhnikov, dan dua korvet Armada Pasifik Rusia akan ambil bagian dalam manuver tersebut.

Kementerian tersebut mengatakan, angkatan laut China berencana untuk mengerahkan beberapa kapal perang permukaan dan kapal selam untuk latihan tersebut, dan pesawat dari samping juga akan ambil bagian.

Pihak China tidak segera memberikan kabar tentang unit apa yang akan ambil bagian.

Mengesampingkan puluhan tahun saling tidak percaya, China dan Rusia telah meningkatkan latihan semacam itu sebagai bagian dari penyelarasan kebijakan luar negeri mereka untuk menentang tatanan politik Barat liberal yang dipimpin AS.

Baca Juga:Kontroversi Pencabutan Pelonggaran Seiring Covid China Naik Lagi

China telah menolak untuk mengkritik invasi Rusia ke Ukraina di Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau bahkan menyebutnya demikian, telah mengutuk sanksi Barat terhadap Moskow dan menuduh Washington dan NATO memprovokasi Vladimir Putin untuk mengambil tindakan.

China menyatakan, persahabatan “tanpa batas” dengan Rusia hanya beberapa minggu sebelum invasi dan tetap menjadi pelanggan utama minyak dan gas Rusia yang dibeli dengan diskon besar, meskipun tidak diketahui telah menjual perangkat keras militer ke Moskow.

Pada bulan November, pembom Tu-95 angkatan udara Rusia dan pembom H-6K China melakukan patroli bersama di atas Laut Jepang dan Laut China Timur. Sebagai bagian dari latihan, pembom Rusia mendarat di China untuk pertama kalinya, dan pembom China terbang ke pangkalan udara di Rusia.

Baca Juga:Menlu Australia Kunjungi China

Pada bulan September, China mengirim lebih dari 2.000 tentara bersama dengan lebih dari 300 kendaraan militer, 21 pesawat tempur dan tiga kapal perang untuk ikut serta dalam latihan bersama dengan Rusia.

Rusia, pada gilirannya, sangat mendukung China di tengah ketegangan dengan AS terkait Taiwan.

China pekan lalu juga mengirim satu skuadron kapal angkatan laut melalui selat dekat Jepang ke Pasifik Barat saat Beijing mengecam penerapan strategi keamanan nasional baru Tokyo yang menempatkan dirinya pada pijakan yang lebih ofensif dimana sebagian besar sebagai akibat dari ancaman yang dirasakan dari China.(cna/hm10)

Related Articles

Latest Articles